TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK DI UPTB PUSAT DATA DAN INFORMASI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Rahmat Hidayat

Abstract


Kredibilitas sebuah pemerintahan, baik pusat maupun daerah, akan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan para aparatur negara dalam mewujudkan pelayanan publik. Sehingga tingkat kepuasan pada pelayanan publik akan membantu dalam mengevaluasi penyelenggaraan pelayanan pada instansi pemerintah.

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan publik di UPTB Pusat Data dan Informasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

          Tingkat kepuasan diukur melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang disebutkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

          Unsur pelayanan yang diukur dalam penelitian ini dibatasi pada lima unsur yaitu Prosedur Pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Percepatan Pelayanan, Keadilan Pelayanan, Kepastian Jadwal Pelayanan.

          Berdasarkan angka Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dihitung melalui jawaban responden pada kuesioner maka tingkat kepuasan pelayanan publik di UPTB Pusat Data dan Infromasi sebesar 86,79 dengan mutu pelayanan “A” dan kinerja unit pelayanan pada UPTB Pusat Data dan Informasi “Sangat Baik”.


Keywords


Tingkat kepuasan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Pelayanan, Pelayanan Publik.

Full Text:

doc

References


Ahmad, Ferdinand Luthfi dan Ary Sutrichastini, 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Riset Manajemen Vol. 2, No. 1.

Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik, Rajawali Pers, Jakarta.

Kasmir, 2005. Etika Customer Service, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Moenir, HAS, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi, 2009. Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ridwan, Juniarso dan Sodik Sudrajat, Achmad, 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik, Nuansa, Bandung.

Sarira, Yulianus, 2013. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Makassar, Skripsi, Sarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sinambela, Poltak Lijan, 2017. Reformasi Pelayanan Publik, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Suryana, Arie Nunuk, 2015. Majalah Inside, Terbitan Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Tim Redaksi Fokusmedia, 2008. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan: Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal, Fokusmedia, Bandung.

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.