PENGARUH KOORDINASI PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAHAKAM ULU

Marcus Ingan

Abstract


Marcus Ingan. B Pengaruh Koordinasi Pimpinan Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Mugni Baharuddin, MH sebagai Pembimbing I dan Ibu Jamiah, S. Sos, M.Si sebagai Pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah koordinasi pimpinan berperan dalam meningkatkan efektivitas Kerja pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu. Untuk mendapatkan data penulis melakukan penelitian tersebut. Hasil penelitian manunjukkan bahwa koordinasi sangat berperan dalam meningkatkan efektivitas kerja pegawai, dalam arti bahwa faktor efektivitas kerja pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu dari bulan ke bulan bahkan dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang meningkat. Hal ini diikuti pula oleh koordinasi Pimpinan dalam ini berfungsi sebagai variabel sebab.

Untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai, di samping faktor koordinasi maka faktor lain perlu mendapatkan perhatian sehingga efektivitas kerja pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu dapat ditingkatkan.

 


Keywords


Koordinasi Pimpinan, Efektivitas Kerja

Full Text:

doc

References


David, F. R. (2004). Manajemen Strategi, Konsep. Edisi Ketujuh, Alih Bahasa Alexander Sindoro, Jakarta: Prehalindo.

Edwandar, B. (2017). Efektivitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Pasar Kodim Kota Pekanbaru).Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol.4. No.1.

Emri, I. Y. (2009). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai (Studi Pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Ri Provinsi Sumatera Utara). 2009. Univeritas Sumatera Utara.

Handayaningrat, S. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : CV.Haji Masagung.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Aksara.

Lovihan, M. (2014). Pengaruh Persepsi Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Psikologi Tabularasa. Vol. 9. No.2.

Lubis, H.S.B. &Martani, H. (1987). Teori Organisasi (Suatu Pendekatan Makro), Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia, Jakarta.

Nahruddin, Z., & Tambajong, H. (2017). The Behavior of Apparatus and Cultural Organization in Provision of Public Service in District Level. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 5(7B):716-720.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh. Jakarta : PT Indeks

Robbins, S.P. & Coulter, M. (2007). Manajemen. Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks.

Sobirin, A. (2007). Budaya Organisasi (Pengertian, makna dan aplikasinya dalam kehidupan organisasi). Yogyakarta: UPP,STIM YKPN

Soetopo, H. (2010). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Steers, M. R. (1985). Efektifitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Supriyono, (2000). Sistem Pengendalian Manajemen. Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE.

Ulumudin, A. (2017). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 2017, 4.1: 12-19.

Yudhaningsih, R. (2011). Peningkatan efektivitas kerja melalui komitmen, perubahan dan budaya organisasi. Jurnal Pengembangan Humaniora

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.