ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP MASYARAKAT DI KOTA SAMARINDA
Abstract
FIRDA RINITA, 2014, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus, Samarinda. Analisis Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Masyarakat Di Kota Samarinda, di bawah bimbingan Dr. Marjoni Rachman, M.Si. selaku pembimbing I dan H. Ahmad Jubaidi, S.Sos M.Si. selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Masyarakat Di Kota Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Fokus penelitian digunakan sebagai dasar dalam pengumpulan data untuk menyamakan pemahaman dan cara pandang terhadap karya ilmiah ini. Fokus penelitian merupakan penjelasan dari kerangka pikir. Kualitas pelayanan publik terkait dengan beberapa indicator yang sekaligus dijadikan sebagai focus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara data premier, wawancara, dan observasi. Dalam pembangunan kesehatan tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Kenyataan yang masih rendah khususnya masyarakat miskin, hal ini dapat digambarkan bahwa angka kematian ibu dan angka kematian bayi bagi masyarakat miskin tiga kali lebih tinggi dari masyarakat tidak miskin. Salah satu penyebabnya adalah karena mahalnya biaya kesehatan sehingga akses ke pelayanan kesehatan pada umumnya masih rendah. Adapun keluhan-keluhan masyarakat akan pelayanan BPJS yang pelayanannya masih kurang maksimal, panjangnya antrian pelayanan, pasien BPJS ditolak di rumah sakit dengan alasan penuh dan keluhan-keluhan lainnya.
Karna itu BPJS dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang BPJS yang merupakan transformasi dari 4 Badan Uaha Milik Negara (Askes, ASABRI, Jamsostek, dan Taspen). BPJS Kesehatan adalah Program pemerintah Indonesia dalam rangka memberikan pelayanan dan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya juga di Samarinda. BPJS sudah beroperasi hampir 4 tahun dan BPSJ terkadang juga masih memiliki kendala yang ditemukan . Tentunya dalam masalah pelayanan yang harus terus di tingkatkan dan hal ini perlu komitmen BPJS Kesehatan untuk memperbaikinya.
Keywords
Full Text:
docReferences
Achmad Badu & Batinggi.A. 2003. Manajemen Pelayanan Publik.Bandung:Andi
Moenir,2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta:BumiAksara.
Ainur Rohman, Ahmad & dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang:Averroes Prees.
Napitupilu, Paimin 2007. Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction.Bandung : (P.T. Alumni).
Nurmandi, Achmad, 2010. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta :PT. Sinergi Visi Utama.
Pasolong,Harbani.2012.MetodePenelitian Administrasi,Bandung:Alfabet
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantutatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabet
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan Publik
Prof. DR. H. Wirman syafri, Msi. Study tentang Administrasi Publik.2012
Agus Dwiyanto.2006. Mewujudkan Good Governance Melayani Publik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.