KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT

Effri Noris

Abstract


Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Tugas ini telah jelas digariskan dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat, yang meliputi 4 (empat) aspek pelayanan pokok aparatur terhadap masyarakat, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial selain itu diperjelas lagi dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 tahun 2003 yang menguraikan pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik.

Pelayanan publik merupakan salah satu kebutuhan dalam rangka pemenuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan. Pemenuhan kebutuhan merupakan hak dasar bagi setiap warga negara dan penduduk untuk mendapatkan pelayanan atas barang, jasa dan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik dengan maksimal.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain sumber daya manusia, kesadaran, aturan, organisasi, ketrampilan dan kemampuan, sarana pelayanan, serta pengalaman pelanggan selain itu faktor internal dan eksternal menjadi penting dan berpengaruh dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat.

Selain itu penulis menemukan adanya respon pegawai yang tidak tanggap dengan masyarakat yang ingin melakukan pelayanan dan belum mengerti mengenai prosedur pelayanan. sikap tidak tanggap sangat menganggu kualitas pelayanan yang di rasakan oleh masyarakat yang datang dan ingin mendapatkan pelayanan yang baik.


Keywords


Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Atep Adya Barata. 2003. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava MediaKasmir. 2006.

Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media GroupLembaga Administrasi Negara.2004.

System Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI); Dalam landasan dan pedoman pokok penyelenggaraan dan pengembangan system administrasinegara

Moenir H.A.S. 2002. Manajemen Kantor. Jakarta : Yudhistira

.2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Nawawi, Hadari, dan Mimi, Martini. 2004. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada UniversityPress.

Parasuraman, Zeithaml, A.V. dan Berry L.L. (2005), ‘A Conceptual model of Service Quality’, Journal of Retailing, Vol. 67: 420-450.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ruky. , Ahmad. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Siagian S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

Simanjuntak, Payaman J, 2005,. Manajemen dan Evaluasi Kerja; Jakarta. Fekon UI

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi

Veithzal Rivai, 2006. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.