PERAN LURAH DALAM KOORDINASI ADMINISTRASI DI KELURAHAN SUNGAI PINANG LUAR SAMARINDA KOTA

Fitri Faradilla

Abstract


FITRI FARADILLA, 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus, Samarinda. Peran Lurah Dalam Koordinasi Administrasi Di Kelurahan Sungai Pinang Luar Samarinda Kota. Dibawah bimbingan Salasiah, S.Sos, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Jamil Bazarah, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Lurah Dalam Koordinasi Admistrasinya Di Kelurahan Sungai Pinang Luar Samarinda Kota.

Pemerintahan adalah sistem negara yang paling kuat dan kokoh saat ini, ada banyak hal yang harus dimiliki oleh sebuah sistem pemerintahan, salah satunya adalah koordinasi dalam administrasi.Lurah sebagai pemimpin dari bagian pemerintahan terkecil memiliki peran dalam sistem itu pula, setiap harinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lurah dalam mengkoordinasi staf administrasi di Kelurahan Sungai Pinang Luar Samarinda Kota.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah lurah dan staf administrasi Kelurahan Sungai Pinang Luar Samarinda Kota.Untuk memperoleh data digunakan teknik observasi, wawancara, dan metode kepustakaan.

            Hasil penelitian dari uraian wawancara yang penulis lakukan diatas bahwa koordinasi yang dilakukan oleh lurah dan staf administrasinya sudah baik dan berjalan sesuai dengan rencana.Koordinasi yang dilakukan oleh lurah dan staf administrasinya adalah koordinasi kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat serta koordinasi pembangunan dan lingkungan hidup. Lurah selalu memberikan bimbingan dan arahan setiap ada kegiatan yang akan dilaksanakan.

Keberhasilan sebuah proses dari pemerintahan bukan hanya dari program saja, Kelurahan Sungai Pinang Luar adalah salah satu contoh dimana koordinasi pegawai, pengarahan, pengawasan, komunikasi, kompetensi, serta kontinuitas bersinergi dengan baik. Bahwa kegiatan koordinasi diatas harus terus dilakukan guna memotivasi kinerja pegawai.


Full Text:

doc

References


Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti.2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, dan Masalah-masalah Sosial.Yogyakarta: Gaya Media

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu S. P. 2006.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S. P. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Kencana,Inu.2009. Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia, Cetakan ketiga. Bandung: PT Refika Aditama

Liku, Yohanes. 2016. Peran Camat Dalam Koordinasi Administrasi Di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.Skripsi. FISIP, Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernologi : Ilmu Pemerintahan Baru. Jakarta: PT Rineka Cipta

Republik Indonesia 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2005.

Republik Indonesia 2008. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia 2014. Undang-Undang Pemerintahan Daerah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia 2018. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2018.

Rindengan, Marini S. 2017. Kepemimpinan Lurah Dalam Pelayanan Administrasi Di Kelurahan Tinoor I Kecamatan Tomohon Utara. FISIP, Ilmu Pemerintahan, UNSRAT Manado.

Soekanto, Soerjono. 2009:243, Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers

Sondang P. Siagian. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Internet :

Ali, Utsman. 2015. Pengertian Koordinasi Dan Tujuan Koordinasi di http://www.pengertianpakar.com(di akses 17 Januari 2019).

Dosen pendidikan.com. 2019. 20 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkaphttp://www.dosenpendidikan.com/20-pengertian-teori-menurut-para-ahli-terlengkap/(di akses 16 Januari 2019).

Dwi. 2016. Pengertian Peran Secara Umumhttp://www.umum-pengertian.blogspot.com (di akses 17 Januari 2019).

Kurniawan, Fadhil Akbar. 2017. 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Koordinasi Yang Baik Dalam Pengembangan Organisasihttp://www.hipwee.com (di akses 16 Januari 2019).

Rahayu, Srikandi. 2018. Pengertian Peranan Dan Teorinyahttp://www.seputarpengertian.blogspot.com (di akses 17 Januari 2019).

Wikipedia. 2019. Teori. Dalamhttp://id.wikipedia.org/wiki/teori, (di akses 15 Januari 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.