Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat

Diar Utari Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh  disiplin kerja pegawai terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat. Analisa data yang digunakan analisis koefisiensi korelasi product moment (pearson). Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor Kecamatan Tering Kutai Barat, yaitu  PNS dan pegawai TK2D berjumlah sebanyak 37 orang  menggunakan metode sensus.

              Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 37, diperoleh    rhit = 0,422, dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 37 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,325.  Atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,422 > rtab = 0,325.  Ini berarti bahwa terdapat  hubungan dalam arti pengaruh yang positif antara variabel disiplin kerja pegawai dengan variabel kualitas pelayanan. pada kantor Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat.

              Berdasarkan tabel Pedoman untuk memberikan interpretasi terhadap Koefisien Korelasi Product Moment, hasil perhitungan tersebut berada pada interval 0,40 – 0,599, yang berarti terdapat hubungan yang sedang antara variabel disiplin kerja dengan variabel kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat. Dalam pengertian lain bahwa tetap ada korelasi namun ukuran hubungan sedang, masih banyak faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

              Berdasarkan perhitungan  analisa data bahwa hasil uji-t adalah sebesar 3,817.  Hal Ini berarti dapat pula dikatakan bahwa thit = 3,817, hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 3,817 > ttab = 1,690 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 35 (37 – 2 = 35).  Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel disiplin kerja pegawai terhadap variabel peningkatan kualitas pelayanan.  Dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa rumusan masalah di dalam penelitian ini telah terjawab dan hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan kebenarannya bahwa disipilin kerja pegawai berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan Kabupaten Kutai Barat.

              Faktor lain yang cukup berperan dalam kualitas pelayanan masyarakat yang tidak diukur dalam penelitian ini antara lain faktor kesadaran baik dari petugas pelayanan maupun dari masyarakat, faktor  peraturan yang telah di tentukan oleh instansi pemberi layanan, faktor organisasi yang baik, faktor imabalan atau gaji, faktor kemampuan dalam bekerja, faktor sarana dan prasarana, komunikasi dan pendidikan.

 


Keywords


disiplin kerja

Full Text:

doc

References


Adi Suryanto. 2008. Kualitas Pelayanan Publik. Lembaga Admnistrasi Negara (LAN RI). Jakarta.

Achmat Batinggi. 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good Governace Melayani Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Dwiyanto, Agus. 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta. Gajah Mada.

Endar Sugiarto, 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Gunung Agung, Jakrta.

Handoko, T. Hani, 2016, Manajemen, edisi kedua, BPFE, Yokyakarta.

H. Nainggolan, 1994, Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Cetakan ke tujuh.

Hasibuan Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi revisi, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

H. A.S. Moenir, 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Ig. Suroso, 1992, Disiplin Motivasi Dengan kerja Karyawan Edisi Pertama PT. Intan, Klaten.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pelayanan Publik

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Mangkunegara Anwar Prabu, 2005, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Penerbit : Aditama, Bandung

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta

Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. 2005, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Sastrohadirwiryo, Siswanto, 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administrasi dan Operasional), Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Siagian P. Sondang, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Sinambela, Dr. Lijan Poltak, M.M., M.Pd., dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. 2008. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Soejono,1997. Disiplin Kerja Karyawan, Penertbit Offside. Jakarta

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Thoha, Muhammad. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Negara. Penerbit Alfabet, Bandung.

Prayudi Admosudirdjo, 1983, Researcht Suatu Pengantar Ilmiah, CV. Tarsito, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.