PENGARUH MANAJEMEN PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HARAPAN INSAN SENDAWAR (RSUD HIS) KABUPATEN KUTAI BARAT

Rohmah Damar Rutin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan  pengaruh Implementasi Manajemen Pelayanan Publik terhadap efektivitas pelayanan pada Pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat. Analisa data menggunakan instrument analisis koefisiensi korelasi product moment (pearson). Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai RSUD HIS yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang duduk dalam jabatan struktural sebanyak 36 orang PNS dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan sanpel yaitu proportionate stratified random sampling.

Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,506, hasil perhitungan rumus korelasi product moment adalah lebih besar dibandingkan r tabel (0,506 > 0,329), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel manajemen pelayanan terhadap variabel efektivitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat, dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin baik manajemen pelayanan maka semakin baik pula efektivitas pelayanan.

Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi diperoleh hasil  R Square atau r2 sebesar 25%, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh manajemen pelayanan terhadap efektivitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat adalah sebesar 25%, dan sebesar 75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil perhitungan  uji t hitung diketahui bahwa besar t hitungnya adalah 3.240. dari hasil tersebut kalau dibandingkan dengan t tabel maka didapat t hitung> t tabel (3.240 >1.688), dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel manajemen pelayanan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap efektivitas  pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat.


Keywords


management, efektivitas, pelayanan

Full Text:

Doc

References


Budiyanto, F. X, 2005, Manajemen Perkantoran Modern, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Danim, Sudarwan., 2014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Endang Wirjatmi Trilestari, 2007. Manajemen Pelayanan Umum. Bahan Persentasi Seminar. STIA-LAN, Bandung.

Endar Sugiarto, 2012. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..

Gibson, James L, John M.I, James H. Donnely. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Handayaningrat, Suwarno., 2005. Sistem Birokrasi Pemerintah. Pustaka Utama, Jakarta.

H. A.S. Moenir, 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Kepmen RI. Nomor 63. Tahun 2003. Pedoman Pelayanan Umum diLingkungan Pemerintah.

Keputusan Menpan Nomor. 63/KEP/M.PAN/7/2003. Prinsip-Prinsip pelayanan Publik

M. Manullang., 2006, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1987. Metode Penelitian Survai, Cetakan 8, LP3ES, Jakarta.

Moekijad.1990. Manajemen Kepegawaian, Penerbit Alumni Bandung.

Moekijad.1990. Motivasi dan Perkembangan Manajemen, Penerbit Alumni Bandung.

Rekonos. 2015. Studi Pelayanan Asuransi Kesehatan (Askes) Sosial di RSUD Harapan Insan Sendawar. Skripsi FISIPOL Untag 1945 Samarinda. Tidak diterbitkan.

Richard M. Steer, 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Rini Puspa, 2015. Tinjauan Tentang Kualitas Pelayanan di Puskesmas Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Skripsi FISIPOL Untag 1945 Samarinda.

Sekretaris Kabupaten (Sekab). 2018. Laporan Pemantapan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara Menuju Birokrasi yang Profesional, Efektif, Efesien dan Akuntabel. Laporan Tidak Diterbitkan. Pemkab Kabupaten Kutai Kartanegara. Tenggarong.

Sondang P. Siagian, 1992. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Thoha, Mifah 2017. Dinamika Ilmu Administrasi Publik. Penerbit Kencana. Jakarta.

T. Hani Handoko., 2016. Manajemen. BPFE Fakultas Ekonomika dan

Bisnis Universitas Gadjah Mada,Edisi ke 2. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.