TINJAUAN TENTANG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN DI KAMPUNG DEMPAR KECAMATAN NYUATAN KABUPATEN KUTAI BARAT

Agzelin Sucita

Abstract


Agzelin Sucita NPM : 16.11.1001.3509.098, Program studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, “ Tinjauan Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Pembangunan di Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat’’. Di bawah bimbingan H. Ahmad Jubaidi , S.sos, M.Si dan Bapak Drs. Maskan AF. M.Si.

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan dalam mendukung pembangun desanya, baik dalam partisipasi pikiran, partisipasi tenaga, partisipasi keahlian, partisipasi barang dan partisipasi uang.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah di Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat, jenis penelitian atau penjelasan yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif digunakan Mendiskripsikan variable penelitian. Jenis data yang digunakan, wawancara observasi, dan dokumentasi.

            Dengan dilaksanakannya penelitian di Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat, kabupaten Kutai Barat diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah agar konsep pembangunan partisipatif yang telah diterapkan dapat ditakar dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya yang terkait dengan substansi pembahasan.

            Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat digambarkan bahwa penerapan pembangunan partisipatif di Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat . jika merajuk pada hasil musrenbang yang telah tercatat pada BAPPEDA Kabupaten Kutai Barat, maka hasil yang didapatkan adalah meski dalam tahap perencanaan masyarakat tetap berpartisipasi, tetapi pada tahap pelaksanaan partisipasi masyarakat yang diharapkan ada tetapi hanya sedikit masyarakat ang mau ikut berpartisipasi, oleh karena pada tahap pelaksanaan proyek dilaksanakan oleh kontraktor pemenang tender. Namun, jika merajuk pada proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh program pemberdayaan yang berjalan di Kampung Dempar, utamanya yang didanai dari dana alokasi desa, dalam penelitian ditemukan bahwa antusiasme masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam setiap tahap pembangunan yang dilaksanakan mulai pada tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai tahap evaluasi proyeknya sangat tinggi. Hal ini dapat disimpulkan dalam tahap pelaksanaan masih banyak hal yang mesti dibenahi.


Keywords


Partisipasi Masyarakat, Kampung Dempar

Full Text:

doc

References


Abe, Alexander,2002, Perencanaan Daerah Partisipatif, Penerbit Produk Edukasi,Solo.

Arikunto, Lincoln. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Davis, Keith,2019. Sistem Pemberdayaan Desa dalam Pemerintah Desa, Penerbit Pustaka Setia, Bandung.

D Astuti, S Irene 2009. “Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan”. Penerbit Yogyakarta:UNY.

Hasbiah. 2018. “Tinjauan Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Pembangunan Di desa Sanggata Utara Kabupaten Kutai Timur’’. Fisipol Untag 1945 Samarinda.

Handayani, Suci. 2006. Perlibatan Masyarakat Marginal Dalam Perencanaan dan Penganggaran Partisipasi (Cetakan Pertama). Surakarta:Kompip Solo

Kuncoro, Mudarjad, 2000, Ekonomi Pembangunan,Teori Masalah dan Kebijakan, unit Penerbit dan Percetakan Akademik Manajemen perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Kuncoro, Mudarjad, 2004. Otonomi Dan Pembangunan Daerah. Jakarta : Erlanga

Kuncoro,Mudrajad.2004.Otonomi & Pembangunan Daerah: Erlangga.

Kunarjo, 2002, Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan, Universitas Indonesia UI Press, Jakarta.

Mubiyarto, 2000, Pembangunan Pedesaan, P3PK UGM, Yogyakarta.

Michael, Todaro, 2000, Pembangunan Ekonomi di dunia ketiga, Erlangga, Jakarta.

Ndraha, Talidzuhu. 2003, Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta. PT. Asdi Mahasatya.

Rosidin, Utang,2019, Sistem Pemberdayaan Desa dalam Pemerintah Desa, Penerbit Pustaka Setia, Bandung.

Siagian, Sondang. P (2005). Administrasi pembangunan, Konsep Dimensi dan Strateginya. Jakarta : Bumi Askaer

Sugiono, 2004. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta

Tjokroamindjojo, Bintaro, 1995, Manajemen Pembangunan, Gunung Agung, Jakarta

Todaro, Michael P. 2000. Pembangunan Ekonomi 2: Edisi 5. Jakarta: PT. Bumi Askara

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa

Sumber Lain :

Ade Cahyat. 2005. Profil Kampung-kampung Di kutai Barat, https://kutaibaratkab.go.id (diakses 8 Januari).

UU No 1 Tahun 2013 Rencana Pembangunan jangka panjang Daerah Kabupaten Kutai Barat (SPPN)

http://nyuatankubar.blogspot.com/2014/10/kapan-menjadi-kecamatan.html?m=1

hhtps://id.m.wikipedia.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.