Analisis Faktor Faktor Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Kesejahteraan Masyarakat ( KESRA ) Di Kantor Kelurahan Sempaja Timur

Karina Aulia Losa

Abstract


Karina Aulia Losa (Npm 15.11.1001.3509.116), Analisis Faktor Faktor Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Kesejahteraan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sempaja Timur. Yang di bimbing oleh Dr. Marjoni Rachman, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. Ghufron, M.Si sebagai pembimbing II.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kualitas pelayanan publik di Kelurahan Sempaja Timu Samarinda Kalimantan Timur. Penelitian yang dilakukan di dalam adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Dalam penelitian ini akan dilakukan deskripsi terhadap satu indikator yaitu kualitas pelayanan publik.

            Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif Kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk mendiskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan yang ada didalam masalah penelitian kualitas pelayanan publik. Sumber Data biasanya berupa orang, tempat, atau simbol, yang memberikan informasi baik dalam bentuk lisan, tampilan, maupun tanda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan key informan (informan kunci) pemilihan informasi didasarkan atas subjek yang banyak memiliki informasi yang berkualitas dengan permasalahan yang akan diteliti.

            Kualitas pelayanan yang tersedia dan terjangkau mempermudah masyarakat yang berurusan dalam mengurus surat keterangan sudah termasuk bagus,sehingga para pegawai  selalu mengevaluasi sistem pelayanan dari tahun ke tahun. Dengan dijaminnya keadilan terhadap masyarakat dibutuhkannya sistem SOP ( standar operasional pelayanan) untuk tidak ada perlakuan yang berbeda terhadap masyarakat sudah cukup bagus. Dapat diterimanya masyarakat untuk pelayanan publik akan membuat kemudahan dan kenyamanan terhadap masyarakat yang menunggu pengurusan surat. Beban biaya memang tidak ada lagi karena sudah ditanggungnya oleh pemerintah sehingga masyarakat tidak perlu lagi membayar terkecuali seperti materai.

masih perlu ada beban biaya untuk masyarakat, keefisien juga mempermudah para pegawai dalam pembuatan surat keterangan. Keefektifan dalam pelayanan sudah membuat para pegawai terbantu dalam menjalankan pelayanan publik untuk masyarakat, meski begitu masih ada faktor penghambat disetiap pelayanan publik, dan pegawai mencari terhadap faktor hambatan.


Keywords


Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Robbins, Stephen P., 1994. Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi, Alih Bahasa Jusuf Udaya, Jakarta, Arcan

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Handayaningrat, Soewarno (1985). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Gunung Agung.

Peter Salim dan Yenny Salim 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta. Penerbit

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: BumiAksara. Sociology of Health & Illness, Vol. 34 No. 4 of Journal. 2012. alai Pustaka.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Gaspersz, Vincent, 2007. Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Dokumen Dokumen

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 63 tahun 2004, teng Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintahan.

Undang-Undang Nomor 63 tahun 2003, Definisil Pelayanan Umum

Sumber Internet

http://jurnalmanajemen.com/pengertian-organisasi/

http://seputarpengertian.blogspot.com/2018/05/pengertian-pelayanan-publik-sertaprinsip.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.