ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN GUNUNG LINGAI KECAMATAN SUNGAI PINANG

Nur Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di kelurahan gunung lingai, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja/pelayanan publik di kelurahan gunung lingai 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif  kualitatif dengan focus kinerja/pelayanan publik kelurahan yang terdiri dari kualitas dari segi kerapian kerja dan ketelitian kerja, kuantitas yang terdiri segi jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan, ketepatan waktu sesuai tidaknya hasil pekerjaan dengan waktu yang direncanakan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah 17 orang dikantor Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang.

Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja dalam pelayanan publik dari pegawai kantor Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang yang di cermati dari indikator kinerja pegawai kelurahan yang terdiri dari kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dari sumber daya manusianya dan saranan-prasarana dari segi kerapian kerja sudah berjalan dengan baik, hal ini didasarkan atas hasil pekerjaan yang dilaksanakan oleh para pegawai dikarenakan berbagai fasilitas pendukung yang cukup, dari segi ketelitian kerja sudah cukup, para pegawai telah memiliki ketelitian, keterampilan, bekerja mengikuti aturan-aturan yang ada di Kelurahan, dari segi jumlah pekerjaan yang dapat diselesaikan, dalam pembuatan KK dan KTP dalam setiap pekannya dilihat pekerjaan pegawai sudah memenuhi standar yang telah diteteapkan.

Dari segi sesuai tidaknya pekerjaan yang dihasilkan dengan waktu yang di rencanakan sudah berjalan dengan baik dari segi sumber daya manusia kemampuan yang dimiliki seorang pegawai ditunjukkan dengan kesanggupannya sesuai dengan tingkat pengalamannya. Dari sarana-prasarana ketersediaannya anggaran yang masih terbatas, maka belum semuanya fasilitas kantor dapat dipenuhi.

 

 


Keywords


Kualitas Pelayanan

Full Text:

doc

References


Agung, Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta. Penerbit Pembaharuan.

Barata, Atep Adya. 2004. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Batinggi, Ahmad. 2011. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka

Bernardin, H.John and Russel. 2010. Human Resource Management. New York: McGraw-Hill

Dwiyanto,Agus, mewujudkan good governance melalui pelayanan publik, 2014, yogyakarta:gadjah mada university press.

Gomes, Faustino Cardoso, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta.

Inu Kencana Syafiie, Ilmu Administrasi Publik, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2006.

Joko Widodo, Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik, Citra, Malang, 2001.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Komariah dan Djam’an Satori. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Lukman, Sampara. 2007. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA-LAN Press.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : PT Bumi aksara.

Moleong, Lexy J. (2012), Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung

Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Ridwan, Juniarso. dan Sudrajat, Achmad Sodik. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: NUANSA

Robert S. dan Norton, David P., 1996, Balanced Scorecard, Menerjemahkan Strategi Menjadi Aksi, Alih Bahasa : Peter R. Yosi Pasla, 2000, Jakarta : Erlangga.

Saefullah, 2007. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sumedang: Fisip UNPAD

Samsudin, sadili 2010 manajemen sumber daya manusia bandung : pustaka setia

Siswanto Sastrohadiwiryo. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.

Tulus, Moh, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Terbuka, Jakarta

Zulian Yamit. 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia

Dokumen-dokumen :

Undang-Undang Dasar 1945 dan Perubahannya.

(Jakarta.Puspaswara.2008)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan atas undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.