ANALISIS MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KELURAHAN TELUK LERONG ILIRKECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA

Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Ardiansyah, Analisis Motivasi Kerja Pegawai di Kelurahan Teluk Lerong Ilir Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, di bawah bimbingan Dr.Marjoni Rachman, M.Si dan Jamiah, S.Sos, M.Si.

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Teluk Lerong Ilir Kecamatan samarinda ulu Kota Samarinda.tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa motivasi kerja pegawai pada kantor Kelurahan Teluk Lerong Ilir Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, serta untuk mengetahui upaya apakah yang dilakukan meningkat motivasi kerja pegawai.

Perumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah motivasi kerja pegawai di Kelurahan Teluk Lerong Ilir Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda , dan upaya untuk meningkatkan motivasi kerja pegawai. Penggunaan sampel dalam penelitian ini, penulis menetapkan sampelnya adalah keseluruhan dari populasi dimana jumlah populasi yang kecil, yakni seluruh pegawai pada kantor Kelurahan Teluk Lerong Ilir Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda yang berjumlah 16 orang responden, maka keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan mengunakan sempel jenuh adapun dalam penelitian ini memerlukan data primer dan data sekunder.

 Analisis data yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data yang diperoleh berdasarkan keyataan, kemudian dihubungkan dengan teori yang menunjang pembahasan, selanjutnya penulis mengambil kesimpulan-kesimpulan dari penjelasan tersebut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa, pemberian motivasi pada kantor Kelurahan Teluk Lerong Kecamatan Samarinda Ulu dalam ketegorikan cukup baik, oleh karna itu penulis mengharapkan kepada Lurah supaya lebih meningkatkan kerja pegawai dengan didukung oleh pemberian motivasi yang sesuai.


Keywords


Penghargaan, Semangat Kerja, Disiplin

Full Text:

doc doc

References


Buku-buku :

Hasibuan, Melayu SP. 2011.Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Melayu SP. 2013.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono.2005.Memahami PenelitianKuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Manulang, MI, 2004, Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Berry,2003.Penentuan Peran Kerja.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Buchholz, 2000. Manajemen dan MOtivasi, Jakarta : Balai Aksara.

Dewi, 2007. Bentuk Kerja Dalam Kelompok, Jakarta:UI-Press, 2007

Durbin,2005.Organisasi dan motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta : Bumi Angkasa.

Gomez, Faustinu Cardoso.2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi.

Hasibuan, Melayu S.P.2001. Manajemen Sumber Daya Manuasia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Moekija, 1996. Motivasi dan pengembangan Manajemen, Bandung.

Achmadi dan Narbuko.2009.Metodelogi Penelitian.Jakarta:PT.Bumi Aksara

Arikunto, Suharsini.2010.Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Dokumen – Dokumen

Peraturan-Pemerintah telah Mengeluarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, mengganti Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Sebutan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Peraturan-PemerintahNomor 53 Tahun 2010 Kedesipilan

undang-undang Nomor : 8 Tahun 1974 Pasal 1 Ayat (1) tentangPokok-pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 43 Tahun 1999 pasal 2.

Undang-undang No.32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah

Sumber Internet :

AriKristianto2014.https://www.google.com/search?q=landasan+motivasi+kerja&oq=landasan+motivasi+kerja&aqs=chrome..69i57j0l5.10668j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8(diaksestanggal 7-9-2019)

Pulungan, Feby Dhttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/46723Peranan MotivasiKerjaterhadapKinerjaPegawai pada Kantor PelayananPerbendararaan Negara(diaksestanggal 24-8-2019)

OliviaMasengi.https://www.google.com/search?q=peranan+motivasi+kerja&oq=peranan+motivasi+kerja&aqs=chrome..69i57j0l5.10741j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8(diaksestanggal25-8-2019)https://idtesis.com/matriks-jadwal-pelaksanaan-penelitian/(diaksestanggal10-9-2019)

https://ilmumanajemenindustri.com/teori-x-dan-teori-y-menurut-douglas-mcgregor/ (diakses tanggal 23 Desember 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.