PENGARUH MANAJEMEN PROYEK TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROYEK PADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPAN KUTAI TIMUR

Abdi Setiawan

Abstract


Abdi Setiawan, skripsi dengan judul Pengaruh Manajemen Proyek Terhadap Efektivitas Pengelolaan  Proyek Pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kutai Timur.

            Populasi penelitian adalah sebanyak 47 orangi, terdiri dari  12 orang pejabat struktural dan 35 orang PNS yang dalam pengelolaan proyek dianggap memahami kebijakan dan permasalahan proyek. Teknik penarikan sampling dengan menggunakan porposive sampling.

            Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh    rhit = 0,712,  hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga -  harga   kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 45  pada tingkat  signifikasi  5%, yaitu 0,288. atau  dapat dikatakan  pula   bahwa   rhit = 0,712 > rtab = 0,288. hal ini bermakna bahwa terdapat ada hubungan yang  positif antara variabel  manajemen proyek dengan variabel efektivitas pengelolaan proyek pada Dinas Perumahan dan Penataan Kawasan Permukiman Kabupaten Kutai Timur.

            Berdasarkan hasil perhitungan  uji-t sebesar 5,623. Hal ini berarti dapat pula dikatakan bahwa thit = 5,623, hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 5,623 > ttab = 1,701 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 47 (47 – 2 = 46). hal ini berarti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara variabel manajemen teknis dengan variabel efektivitas pengelolaan proyek.

            Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi diperoleh  R Square atau r2, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel manajemen proyek terhadap variable efektivitas pengelolaan proyek, diperoleh nilai  R Square atau r2 sebesar 45%. berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh manajemen proyek  terhadap efektivitas  pengelolaan proyek pada Dinas Perumahan dan Penataan Kawasan Permukiman  Kabupaten Kutai Timur adalah sebesar  45%, dan sebesar 55% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.  Maknanya adalah bahwa sebesar  45% efektivitas  pengelolaan proyek di pengaruhi oleh faktor manajemen  proyek terdiri dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan proyek, dan sisanya sebesar 55%  efektivitas pengelolaan proyek dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak di ukur dalam penelitian ini.


Keywords


manajemen proyek

Full Text:

Doc

References


Ahmad J. 2018. Manajemen Proyek Bidang Keciptakaryaan. PT. Wira Widyatama Consultant. Banjarmasin.

Arief, Rizaldii, 2016. Manajemen Proyek. PT. Saicle Jasa Consultan. Jakarta Office.

Anthony, Dearden dan Bedford, Oct, 2016. Project Management (blog,sport.com.2016) (diakses, 7 October 2019.

Danim, Sudarwan., 2014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Dipohusodo, Istimawan, 1996. Manajemen Proyek dan Konstuksi jilid I,Yogyakarta. Kanisius

Dinas Permukiman dan Penataan Kawasan. 2018. Laporan Evaluasi Kinerja Proyek Tahun Anggaran 2017 dan 2018. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Husen, Abrar MT, 2009. Manajemen Proyek. Yogyakarta. C.V Andi Offeset Yogyakarta.

Intanmutiah, September, 2016. Makalah Manajemen Proyek. 24.blogspot.com. (diakses 12 October 2019)

Kurniawan. 2013. Laporan Manajemen Kegiatan Proyek. PT. Jasaplant Perassyantha Consultan. Balikpapan .

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Nurika Ayu Mardaningrum, 2016. Makalah Manajemen Proyek. Teknik Telekomunikasi. Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom. Purwokerto.

PT. Adiya Widyajasa Kalimantan Timur. Laporan Manajemen Proyek Widyajasa Group. Di Bidang Keciptakaryaan.

Norton M. Bedford, 1996. Sistem Pengendalian Manajemen Proyek. Pn.Jakarta. PT Erlangga Edisi Ke III. Jakarta.

Ranggriyani, 2013. Makalah Manajemen Proyek.ttps;//ranggryani.wordpress.com (diakses, 25 Oktober 2019).

Robbins, Stephen P and Mary Coulter, 2001, Manajemen (Judul Asli Management) Alih Bahasa T. Hermaya, Prenhallindo, Jakarta.

Richard M. Steer, 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Soeharto, Iman, 1998. Manajemen Proyek. Jakarta: Erlangga. Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook (diakses, 25 Oct 2019).

Sondang P. Siagian, 1992. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Project Management, 2014. Article Management Project: https//: ipq.org. (diakses, 2 Nov 2019).

T. Hani Handoko., 2016. Manajemen. BPFE Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada,Edisi ke 2. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.