PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SEGIRI SAMARINDA

Ryan Adam Dinata

Abstract


Nama penulis adalah Ryan Adam Dinata, saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas 17 Agustus Samarinda pada semester 8. Pada semester 8 penulis sedang menyelesaikan skripsi yang menjandi syarat kelulusan Starata 1 (S1). Dengan judul penelitian “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Peningkatan Kepuasan Masyarakata Di Puskesmas Segiri Samarinda “ dibawah arahan dosen pembimbing 1 yaitu Ibu Dr. Hj. Futum Hubaib, S.Sos, MM dan dosen pembimbing 2 yaitu Bapak Drs. Ghufro, M.Si.

Peneliti membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap peningkatan kepuasan masyarakat di Puskesmas Segiri Samarinda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap peningkatan kepuasan masyarakat di Puskesmas Segiri Samarinda.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini melalui kuesioner dan dilanjutkan dengan memasukan data (data entry), pemindahan data (daya entring), serta penyajian data (data output) menggunakan program spss 20. Jumlah sampel penelitian atau calon responden penelitian berjumlah 35 responden.

Berdasarkan hasil penelitian analisis korelasi product moment (Pearson) terdapat hubungan antara variabel X yaitu Kualitas Pelayanan Publik terhadap variabel Y yaitu Kepuasan Masyarakat sebesar 0,811 yang termasuk dalam kategori korelasi sangat kuat. Pada uji hipotesis menggunakan uji t-statistik diperoleh uji-t sebesar 7,957. Dikarenakan nilai uji-t =7,957 hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga t-kritis student ternyata lebih besar, yaitu = 7,957 ≥ 1,692 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n -2 (35-2=33). Sehingga diputuskan tolak  dan  diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan pengaruh secara signifikasi dari variabel Kualitas Pelayanan Publik dengan variabel Kepuasan Masyarakat.


Keywords


Pengaruh, Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat.  

Full Text:

doc doc

References


Adam, Muhammad. 2015. Manajeen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Dapartemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Pengertian Pukesmas. Jakarta : Depkes RI.

Dapartemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Tugas Pukesmas. Jakarta : Depkes RI.

Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Statifaction. Yogyakarta : Andi Offset.

Hadiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Hamidi. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Harbani, Pusolong. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Hardiansyah . 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gara Media.

Irianto, Agus. 2009. Statistik Konsep Dasar. Jakarta : Prenada Media Group.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 2. Jakarta : Indeks.

Kotler, Philips. 2011. Kepuasan Pelanggan Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta : Indeks

Moenir, HAS. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Moenir. 2011. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Nohe. 2013. Biostatistika 1. Jakarta : Halaman Moeka.

Riduwan. 2009. Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta

Sarwoko. 2005. Dasar-Dasar Ekonometrika. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sembiring, R.K. 2003. Analisis Regresi Teori Dan Kasus. Bandung : ITB Press.

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Sinambela. Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Cv.

Sunyoto. 2007. Analisis Regresi dan Korelasi Birariat. Yogyakarta : Media Pressindo.

Undang-Undang Republik Indonesia pasal 1 nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Widarjono, Agus. 2004. Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Jakarta : PT. Media Global.

Widianingsih, Arisanti. 2008. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta : Media Pressindo.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta : PTIndeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.