ANAILISIS DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT.SUCOFINDO EPISI BAGIAN MINERAL BATU BARA CABANG KOTA SAMARINDA

Aditya Suhartono

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi responden wawancara adalah koordinator cabang dan sebagian karyawan PT. Sucofindo Episi Cabang Kota Samarinda, penelitian ini adalah disiplin kerja yaitu kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku serta sadar  akan tugas dan tanggung jawabnya dan perilaku nyata ditampilkan sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai perannya dalam perusahaan.

Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah 1). Observasi langsung ke lapangan untuk menunjang penelitian yang dilakukan agar mendapatkan sumber data yang diharapkan, kemudian pengumpulan informasi melalui wawancara terhadap key informan yang compatible terhadap penelitian. 2). Reduksi data (data reduction) yaitu proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, transformasi data kasar yang muncul dari catatan-catatan dilapangan selama meneliti tujuan diadakan transkip data untuk memilih informasi mana yang dianggap sesuai tidak sesuai dengan masalah yang menjadi pusat penelitian di lapangan. 3). Penyajian data (data display) yaitu kegiatan sekumpulan informasi dalam bentuk naratif, grafik jaringan, tabel dan bagian yang bertujuan mempertajam penelitian terhadap informasi yang dipilih kemudian  disajikan dengan masalah yang menjadi pusat penelitian di lapangan. 4). Pada tahap terahkir adalah kesimpulan dilakukan secara cermat dengan melakukan verifikasi berupa tinjuan ulang pada catatan-catatan di lapangan sehingga data-data dapat diuji validasinya yang telah disederhanakan, disajikan dalam pengujian data dengan cara mencatat keteraturan, pola-pola penjelasan secara logis dan metodelogis, konfigurasi yang memungkinkan diprediksikan hubungan sebab akibat melalui hukum-hukum empiris.

Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Sucofindo Episi Bagian Mineral Batu Bara Cabang Kota Samarinda. Dimana yang menjadi fokus penelitian penulis dalam meningkatkan kesadaran disiplin kerja supaya berjalan dengan baik maka para karyawan harus memiliki kesadaran tentang disiplin waktu, disiplin peraturan,dan disiplin tanggung jawab, apabila salah satu faktor tersebut belum tercapai maka disiplin kerja belum dapat terpenuhi secara signifikan. Tentu tidak dipungkiri banyak yang harus dibenahi dan diperbaiki, baik itu disiplin kerja yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri agar para karyawan benar-benar mentaati dan juga  tentunya masing-masing karyawannya harus memiliki kesadaran diri dalam hal disiplin kerja. Maka dari itu ketiga faktor tersebut harus terpenuhi agar tercapainya disiplin kerja dilingkungan perusahaan PT. Sucofindo Episi dapat terwujud.

Kesimpulan dapat terlihat dari hasil analisis disiplin waktu, displin peraturan dan disiplin tanggung jawab, penulis menarik kesimpulan bahwa masih banyak yang harus dibenahi, agar menuju kategori baik dan supaya perusahaan bisa berkembang pesat dan maju.

 


Keywords


Disiplin Kerja

Full Text:

doc

References


Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Prenadamedia. Jakarta

Fathoni, Abdurrahmat.2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006, Metode Penelitian Manajemen, Edisi kedua, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, Sutrino, 2004, Metodelogi Research, Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakaarta.

Hasibuan, Melayu.2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasibuan, Melayu SP. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan Melayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi, Penerbit : Bumi Askara, Jakarta

Jalaludin Rakhmat.2001. Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Mangkunegara Anwar Prabu,2005,Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manuisa. Edisi revisi, Penerbit : Aditama, Bandung

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Martoyo, Susilo.2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPEE. Yogyakarta

Robbins SP,at al. 2005. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta

Rivai, V dan Sagala E,J. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Edisi Kedua. Cetakan Kelima. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Siagian, Sondang P,2002, Filsafat Administrasi, Gunung Agung, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.