PENGARUH KEPEMIMPINAN LURAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KELURAHAN GUNUNG LINGAI KECAMATAN SUNGAI PINANG

Reny Maulida

Abstract


Reny Maulida, 2019.Pengaruh Kepemimpinan Lurah Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kepemimpinan Lurah Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang.

 

            Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Kepemimpinan dengan variable Kinerja di Kantor Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien regresi X sebesar 0,123 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Kepemimpinan maka nilai Kinerja bertambah sebesar 0,123. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variable X terhadap variable Y adalah positif.

 

            Sementara itu berdasarkan tabel Coefficients yang merupakan output dari Uji Regresi Linear Sederhana dapat diambil keputusan bahwa, dari tabel Coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dar 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Kepemimpinan (X) berpengaruh terhadap variabel Kinerja (Y). Kemudian berdasarkan nilai t-hitung maka dapat diketahui bahwa nilai t-hitung sebesar 1,461 lebih besar t-tabel 2,06866 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kepemimpinan (X) berpengaruh terhadap variabel Kinerja (Y).

 

            Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel Kepemimpinan dengan variabel Kinerja Pegawai, dengan demikian dapat dikatakan pula bahwa rumusan masalah pada penelitian tersebut telah terjawab dan hipotesis yang diajukan terbukti telah kebenarannya.


Keywords


Kepemimpinan, Kinerja Pegawai

Full Text:

doc

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Penerbit Refika Aditama.

Adair, John. 2007. Cara MenumbuhkanPemimpin, Jakarta: PT. GramediaPustaka Utama

DadangSolihin, 2002, OtonomiPenyelenggaraanPemerintahan Daerah, PT. Gramedia, Jakarta

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi, Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Davis, Keith dan john W. Newstrom. 1999. “PerilakuOrganisasi”, Jakarta Erlangga.

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta: PenerbitBumiAksara.

Istianto HP. 2009. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2016. ManajemenSumberDayaManusia. Bandung: Rosda

Martinis Yamin dan Maisah. 2010. Kepemimpinan Dan Manajemen Masa Depan. Bogor: IPB Press

Posner. 2004. The Leadership Challlenge, Tantangan Kepemimpinan. Edisi ketiga. Terjemahan oleh Revjani Sjahrial. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosdakarya

Rivai, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan . Cetakan Pertama. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Roziqin, M.Z 2010.Kepuasan Kerja. Malang: Averroes Press.

Sugiono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta

Tampubolon, Biatna. D. 2007 . Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan Dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Yang Telah Menerapkan SNI 19-9001-2001. Jurnal Standardisasi. No 9, Hal: 106 - 115

Thoha, Miftah. 2010.Kepemimpinan DalamManejemen. Jakarta: PT. Raja grafindoPersada

Thoha Miftah, 2010. Kepimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Rajawali Pers.

Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan dan Motivasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.Wirawan. 2013. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, PerilakuOrganisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.