PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS ) RANTAU PULUNG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Wasinah wasianah

Abstract


Wasinah, skripsi dengan judul Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh kedua variabel tersebut menggunakan instrumen analisis koefisien korelasi product moment.

            Populasi penelitian ini adalah pegawai berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 20 orang (dua puluh) orang dan pegawai honorer sebanyak 10 (sepuluh) orang pegawai pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur. berjumlah sebanyak 30 (tiga puluh tujuh) orang pegawai. Penulis tidak mengambil sampel melainkan seluruh populasi dijadikan responden penelitian dengan menggunakan metode sensus.

            Berdasarkan hasil analisa data diperoleh rhit = 0,602,  hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 30 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,325.  Atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,602 > rtab = 0,325.  Hal ini berarti bahwa terdapat  hubungan dalam arti pengaruh yang positif antara variabel disiplin kerja pegawai dengan variabel kualitas pelayanan. pada Puskesmas Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur.

            Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji-t adalah sebesar  3,817, hal ini berarti dapat pula dikatakan bahwa thit = 3,817, hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 3,817 > ttab = 1,690 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 28 (30 – 2 = 28).  demikian dapat pula dikatakan bahwa rumusan masalah di dalam penelitian ini telah terjawab dan hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan kebenarannya bahwa disipilin kerja pegawai berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada Puskesmas Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur.

            Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi, diperoleh  R Square atau r2 sebesar 55%. berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh disiplin kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur  adalah sebesar 55%, dan sebesar 45% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.  Maknanya adalah bahwa sebesar 55%  kualitas  dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas Rantau Pulung  di pengaruhi oleh faktor: Ketaatan terhadap jam kerja kantor,  Ketaatan terhadap peraturan / SOP yang berlaku dan Kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik, dan sisanya sebesar 45%  kualitas  pelayanan dipengaruhi oleh faktor lainnya yang di ukur dalam penelitian ini.


Keywords


work dicipline

Full Text:

Doc

References


Achmat Batinggi. 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Universitas Terbuka. Jakarta

Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good Governace Melayani Publik. Universitas Gajah Mada (UGM) Press. Yogyakarta.

Agus Dwiyanto. 2008. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Universitas Gajah Mada (UGM) Press. Yogyakarta.

Agus Dwiyanto, Agus. 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Universitas Gajah Mada (UGM) Press. Yogyakarta.

Endar Sugiarto, 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hardiyansyah. 2015. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media. Yogyakarta.

Handoko, T. Hani, 2016, Manajemen, edisi kedua, BPFE, Yokyakarta.

H. A.S. Moenir, 2002.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Ig. Suroso, 2000, Disiplin Motivasi Dengan kerja Karyawan Edisi Pertama PT. Intan, Klaten.Yogyakarta.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pelayanan Publik

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan. Yogyakarta.

Mangkunegara Anwar Prabu, 2005, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Penerbit : Aditama, Bandung.

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta.

Thoha, Muhammad. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Thoha, Miftah. 2017. Dinamika Ilmu Administrasi Publik. Edisi Pertama. Penerbit: Kencana.Jakarta.

LGSP., 2009. Pembaharuan dalam Manajemen Pelayanan Publik Daerah. USAID, Jakarta.

Sinambela, Dr. Lijan Poltak, M.M., M.Pd., dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. 2008. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Siswanto, Sastrohadiwiryo, B 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Soewarno Handayaningrat, 1982, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management, Gunung Agung, Jakarta.

Soejono, 2007. Disiplin Kerja Karyawan, Penertbit Offside. Jakarta

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.