ANALISIS TENTANG KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS RANTAU PULUNG KECAMATAN RANTAU PULUNG

Kasmiati Kasmiati

Abstract


KASMIATI. NPM : 16.11.1001.3509.130, Judul : Analisis Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Rantau Pulung Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur, dibawah Bapak Drs. H. Maskan AF, M.Si. bimbingan selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti,M.Si. selaku Dosen Pembimbing II

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan kinerja pelayanan pada Puskesmas Rantau Pulung Kecamatan Rantau Pulung

Metode Penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang di selidiki dengan menggambarkan keadaan objek penelitian. Dalam penelitian kualitatif, penetuan informan yang terpenting adalah bagaimana menentukan key informan / informan kunci atau situasi sosial tertentu yang sarat dengan informasi yang sesuai dengan fokus penelitian adalah pimpinan Puskesmas, staf dan masyarakat.

Analisis Data Model Interaktif (Interactive Model Of Analisis) menurut Miles dan Huberman sangat penting dalam suatu penelitian karena didalam analisis data dilakukan pengorganisasian terhadap data yang terkumpul dilapangan.Sesuai dengan jenis penelitian, termasuk penelitian deskriptif dimaksud menggambarkan fenomena fenomena yang terjadi dilapangan terutama berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Hasil Penelitian kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Rantau Pulung Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur masih belum optimal serta belum dapat memenuhi kepuasan pelanggan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat melalui dimensi kualitas pelayanan yang belum terlaksana secara optimal yaitu dimensi tangible, responsiveness, dan assurance. Adapun dimensi yang mendukung kualitas pelayanan adalah dimensi reliability dan empathy.

 


Keywords


Kualitas Pelayanan Publik, Puskemas

Full Text:

doc

References


Bunafit Nugroho. 2004. PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

Crosby, Philip B. dalam M.N. Nasution, 2005. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor

Kurniawan 2005 Agung,. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta. Penerbit Pembaharuan.

Joshep M. dalam Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Andy Yogyakarta.

Moenir, A.S. 2000. Problematika Karyawan dan Perusahaan, Pelita Ilmu, Bandung.

……..., 2006, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Gronroos, Ratminto dan Atik, 2004. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Poltak Sinambela. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : BumiAksara

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik:Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Tjiptono dalam Pasolong 2008. TeoriAdministrasiPublik, Alfabeta, Bandung.

--------, Undang-undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Aminullah,Erman, 2004. Berfikir Sistemik : Untuk Pembuatan Kebijakan Publik,Bisnis,dan ekonomi. PPM, Jakarta

Dye Thomas R, 1981, UnderstandingPublic Policy Marking, Renehart&

Winston.New York- Holt.

Dwiyanto, Agus, 2006, Mewujudkan Good Governence Melalui Pelayanan Publik, GMU Press. Yogyakarta

Dunn,William N, 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gadjah mada :

Yogyakarta

Ibrahim, Amin, MA, 2008.Teori danKonsepPelayananPublik Serta Implementasinya,MandarMaju, Bandung.

Lukman, Sampara, 2000, ManajemenKualitasPelayanan, STIA-LAN Press, Jakarta.

Miles, Mathew B.A. dan Michael Humberman.2002.Analisis data Kualitatif.PenerjemahTjetjepRohendiRohidi. Penerbit Media Group. Jakarta.

Moloeng, Lexy. J. 2001.Metode PenelitianKualitatif, RemajaRosdakarya. Bandung.

Moenir, H.A.S, DRS,2008. ManajemenPelayananUmum Indonesia, BumiAksara, Jakarta.

Pasolong, Harbani.,2008. TeoriAdministrasiPublik, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2005. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta

________.2012.MetodePenelitianAdministrasiCetakan ke-20.Alfabeta. Bandung.

Sinambela, LijanPoltak, 2006ReformasiPelayananPublik, BumiAksara, Jakarta. Suharto, Edi, 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Alfabeta, Bandung Subarsono, AG. 2005. AnalisisKebijakanPublik. PustakaPelajar. Yogyakarta.

Said, M. Mas’ud. 2010. Birokrasi Di Negara Birokratis. UMMPRESS : Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.