ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA UPT DINAS PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH & PEGAWAI UPT DINAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN BENGALON

Christiani Irawati Datulangi

Abstract


Christiani Irawati Datulangi NPM : 16.11.1001.3509.021, Program studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dibawah bimbingan bapak H. Marsuq, S. Sos M.Si dan bapak Drs. Jamil Bazarah, M.Si.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan yang dilakukan kepala UPT Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah dan pegawai UPT Dinas Pendidikan pada Kecamatan Bengalon.

Fokus penelitian ini adalah cara kepemimpinan kepala UPT Dinas Pendidikan untuk dapat meningkatkan kinerja Kepaloa Sekolah dan pegawai dikantor UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Bengalon.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskrifptif kualitatif, yang menjadi informan dalam penelitian yaitu kepala UPT Dinas Pendidikan  sebagai informan kunci dan kepala sekolah dan pegawai UPT Dinas Pendidikan sebagai informan pendukung. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi,dengan teknik analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.

Penelitian ini menunjukkan analisis dari gaya kepemimpinan kepala UPT Dinas pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan pegawai UPT Dinas Pendidikan. yang dianalisis menggunakan dua indikator yaitu kepemimpinan dan kinerja pegawai. indikator kepemimpinan berdasarkan (1)Kemampuan untuk membina kerjasama dan hubungan yang baik, (2)Kemampuan yang efektivitas, (3) Kepemimpinan yang partisipati, (4)Kemampuan dalam mendelegasikan tugas atau waktu, (5)Kemampuan dalam mendelegasikan tugas atau wewenang. serta indikator kinerja pegawai berdasarkan (1) Kualitas pekerjaan, (2) Kuantitas pekerjaan, (3)Tanggung jawab, (4)Kemampuan bekerjasama, (5)Inisiatif.


Keywords


Kepemimpinan, Kinerja pegawai

Full Text:

Doc

References


Erawan, Prasetya, 2003. Analisis Manajemen edisi IV . BPEE, Yogyakarta Gibson James L.,John M. Ivancevich dan James H. Donnelly, Jr, 1980, Organisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta

Handoko T. Hani, 1980, Manajemen, Edisi II , BPFE, Yogyakarta.

Kartono Kartini,2006, Pemimpin dan Kepemimpinan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Keban, Yeremias T, 2004. Enam Dimensi Strategis Adminitrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Gava Media, Yogyakarta

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Miles, Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta:UI-Press, 2007.

Moleong, Lexy.J, 2009. Metode Penelitian Kualitiatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Nasucha, Chaizi, 2004. Reformasi Adminitrasi Publik : Teori dan Praktek, PT. Grasindo, Jakarta.

Pasolong, Harbani, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan , PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbin, Stephen P, 2001. Prilaku Organisasi Versi B. Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.

Sedarmayanti. 2000. Rekstrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan, Mandar Maju, Bandung.

Siagian, Sondang, P. 2005, Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Adminitrasi, Cetakan Pertama, PT, Gunung Agung Jakarta.

Tangkisilan, Hesen Nogi S. 2007. Manajemen Publik, PT. Grasindo, Jakarta. Thoha Miftah, 2004, Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Management, Penerbit Alumni, Bandung.

Wasisitiono, Sadu, 2002. Pola Pendelegasian Kewenangan dan Hubungan,Jakarta. Winardi, 2000. Kepemimpin Dalam Management, Rineka Cipta. Jakarta. Zauhar, Soesilo, 2001. Reformasi Adminitrasi, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.