TINJAUAN TENTANG KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA LOA JANAN ULU KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Galih Rahman

Abstract


Galih Rahman, Tinjauan Tentang Kinerja Pegawai dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Dibawah bimbingan Bapak  H. Ahmad Jubaidi, S.Sos, M.Si dan Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kinerja Pegawai dalam memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Kinerja Pegawai dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya teori-teori tentang kinerja dalam pelayanan administrasi kependudukan dalam pemerintah di kantor Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Secara praktis penelitian ini diharapkan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman nyata dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan pemerintah desa.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang di selidiki dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari langkah-langkah dimulai dari pengumpulan data mentah, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menggunakan indikator Kehandalan (Relability), Ketanggapan (Responsiviness), Kompetensi (Competence), Akses (Access), dan Komunikasi (Comunication) untuk mengukur Kinerja Pegawai dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan. (1) Penelitian ini menghasilkan pada indikator Kehandalan (Reliability) keahlian sudah diterapkan namun ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu mengenai keahlian pegawai dalam menggunakan alat bantu pelayanan sehingga berpengaruh terhadap proses pelayanan. (2) Ketanggapan (Responsiviness) pada indikator ini sudah sesuai dengan keinginan masyarakat terbukti karena tidak ada keluhan dari pengguna layanan terkait indikator ketanggapan. (3) Kompetensi (Competence) pada indikator ini sudah sangat baik terlihat dari apresiasi yang diberikan oleh masyarakat. (4) Akses (Access) pada indikator ini sudah baik terlihat dari masyarakat dimudahkan untuk mengakses informasi terkait pelayanan kependudukan. (5) Komunikasi (Communication) pada indikator ini dinilai sudah baik karena dalam pelaksanaanya para pegawai memberikan informasi yang jelas sampai masyarakat paham. Yang terakhir adalah Faktor penghambat dan pendukung, pada faktor penghambat masih kurangnya unit cadangan sarana, sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat dan kekompakan satu sama lain dan fasilitas alat bantu yang memadai.


Keywords


Kinerja Pegawai, Pelayanan Administrasi Kependudukan

Full Text:

Doc

References


Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djunaidi Ghony dan Fauzan Almansyur, Metodologi Penelitian Kualitatif,(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2013),hlm. 25

Dwiyanto, Agus, dkk. 2012. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta: Gajah Mada University PressHardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator dan

Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Istianto. Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan dalam Persepektif

Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media

Kaswan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing

Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Marbun. 2010. Otonomi Daerah 19945-2010 Proses & Realita. Jakarta: Pustaka

Sinar Harapan

Moleong, Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offiset

¬¬___________ 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offiset

___________ 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offiset

Mustofa, Delly. 2013. Birokrasi Pemerintahan. Bandung: Alfaberta

Mustofa, Bisri. 2008. Kamus Kependudukan. Yogyakarta: Panji Pustaka

Nasir, M, Ph.D. (2014). Metode Penelitian. Cet 10. Ghalia Indonesia 2014.

ISBN:978-979-450-173-5

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Keybernologi (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta:

Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT

Rineka Cipta

Rahmayanti, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rachman, Maman. 2011. 5 Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mixed

PTK, R&D. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

___________ 2015. 5 Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mixed

PTK, R&D. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Rivai, Vieithzal. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada

Said. Mas’ud. 2007. Birokrasi di Negara Birokratis. Malang: Umm Press

Sedarmayanti. 2012. Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik). Bandung:

Mandar Maju

Sinambela, Poltak. 2012. Kinerja pegawai teori pengukuran dan implikasi.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM.

Sugiyono,2014. Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alafabeta. Bandung

Yogyakarta :Pustaka Pelajar

Supraktikno, dkk. 2006. Manajemen Kinerja Untuk Menciptakan Keunggulan

Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widodo, Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widodo, Joko. 2010. Good Governance. Surabaya: Insan Cendikia

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan

Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Jurnal :

Adventus. 2015. Kinerja Organisasi Pemerintah Desa dalam Pelayanan

Administrasi Kependudukan Di Desa Pakumbang Kecamatan

Sompak Kabupaten Landak. Publik, Jurnal S-1Administrasi Negara, Vol 3. Nomor 4

Brahmana, dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk

Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran

Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.2, No.

, (2014) 1-9

Junaidi. 2015. Implementasi Electronic Government Untuk Penyelenggaraan

Pelayanan Administrasi Kependudukan. ISSN 2088-7469 (Paper)

ISSN 2407-6864 (Online) Vol. 5, No. 1

Suryadi. Dkk. 2015. Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kotabaru

Kalimantan Selatan. ISSN. 2442-6962 Vol. 4, No. 3

Perundang-Undangan

UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah , dalam Ketentuan Umum

Pasal 1, dan pasal 93-111

Keputusan Menteri Pendayagunan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor 81 Tahun

tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan

Jabatan Pegawai Negeri Sipil

Keputusan Metenteri Pendayagunaan Apratur Negara Nomor 63 Tahun 2003

Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Menpan Nomor : Kep/25/M.Pan/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan

Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

LAMPIRAN

Pedoman Wawancara

Menurut Bapak/Ibu Bagaimana Kehandalan atau kemampuan pegawai mencakup konsisten kinerja dan kehandalan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan yang akurat dan tepat ?

Menurut Bapak/Ibu Bagaimana Daya Tanggap atau keinginan dan kesiapan para pegawai dalam menyediakan Pelayanan Administrasi Kependudukan ?

Menurut Bapak/Ibu Bagaimana Kompetensi yaitu keahlian dan pengetahuan pegawai dalam memberika Pelayanan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat

Menurut Bapak/Ibu Bagaimana Akses yaitu tingkat kemudahan, pelayanan Kependudukan yang di sampaikan kepada masyarakat ?

Menurut Bapak/Ibu Bagaimana Komunikasi kemampuan pegawai menjelaskan dan menginformasikan Pelayanan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat dengan baik dan dapat di pahami dengan mudah ?

Menurut Bapak/Ibu sebutkan apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Administrasi Kependudukan di Desa Loa Janan Ulu ?


Refbacks

  • There are currently no refbacks.