STUDI TENTANG KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUNGAI KAPIH KOTA SAMARINDA
Abstract
SILVIA.NPM.151110013509114.
STUDI TENTANG KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUNGAI KAPIH KOTA SAMARINDA. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Bimbingan Bapak H.Marsuq, S.Sos, M.Si dan Ibu Salasiah, S.Sos, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Publik dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif.
Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan secara apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi partisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat alur yaitu Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Berada pada kategori efektif, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya karena jawaban/tanggapan informan menjelaskan baik, atas segala bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparat Kelurahan Sungai Kapih seperti; kesederhanaan dalam pelayanan, keterbukaan dalam pelayanan, keadilan dalam pelayanan, dan ketepatan waktu dalam pelayanan kepada masyarakat. Faktor- faktor yang mempengaruhi dalam upaya untuk memaksimalkan Kinerja Pegawai terhadap pelayanan publik di kelurahan sungai kapih kota samrinda, adalah kemampuan aparat dalam mentaati aturan sistem kerja dapat dilaksanakan dengan baik, serta sarana pelayanan Kantor Lurah Sungai Kapih Kota Samrinda yang kurang memadai menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan kinerja pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik pada Kantor Lurah Sungai Kapih Kota Samarinda.
Keywords
Full Text:
DocReferences
Basri, Rivai. 2005. Performance Appraisal. Cetakan Pertama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Brotoharsojo, Hartanto & Wungu, Jiwo. 2003. Tingkatkan Kinerja Perusahaan dengan Merit System. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gibson, James. 1995. Organisasi Perilaku Struktur, Proses. Alih bahasa: Djarkasih. Jakarta: Erlangga.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Mahmudi, (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik: Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
__________, ________. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif (judul asli Qualitative data Analysis) ahli bahasa Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI-Press.
Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Noor, Juliansyah. 2013. Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Robbin, Stephen P And Mary Coulter. 2001. Manajemen (judul asli management) alih bahasa T. Hermaya. Jakarta: Prenhallindo
Sandy, Muhammad. (2015). Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati. Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Tesis Universitas Widyatama Bandung
Sinambela, Lijan. (2012). Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
____________, _____. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Subekhi, Akhmad & Jauhar Mohammad. 2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prestasi Pustaka
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
________. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta
________. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
________. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta
________. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta
Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama.
Tika, Pabundu. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara
Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.