STUDI TENTANG KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUNGAI KAPIH KOTA SAMARINDA

Silvia Silvia

Abstract


SILVIA.NPM.151110013509114.

STUDI TENTANG KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN SUNGAI KAPIH KOTA SAMARINDA. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Bimbingan Bapak H.Marsuq, S.Sos, M.Si dan Ibu Salasiah, S.Sos, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Publik dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif  kualitatif.

Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan secara apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi partisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat alur yaitu Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Berada pada kategori efektif, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya karena jawaban/tanggapan informan menjelaskan baik, atas segala bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparat Kelurahan Sungai Kapih  seperti; kesederhanaan dalam pelayanan, keterbukaan dalam pelayanan, keadilan dalam pelayanan, dan ketepatan waktu dalam pelayanan kepada masyarakat. Faktor- faktor yang mempengaruhi dalam upaya untuk memaksimalkan Kinerja Pegawai terhadap pelayanan publik di kelurahan sungai kapih kota samrinda, adalah kemampuan aparat dalam mentaati aturan sistem kerja dapat dilaksanakan dengan baik, serta sarana pelayanan Kantor Lurah Sungai Kapih Kota Samrinda yang kurang memadai menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan kinerja pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik pada Kantor Lurah Sungai Kapih Kota Samarinda.


Keywords


Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik.

Full Text:

Doc

References


Basri, Rivai. 2005. Performance Appraisal. Cetakan Pertama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Brotoharsojo, Hartanto & Wungu, Jiwo. 2003. Tingkatkan Kinerja Perusahaan dengan Merit System. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Gibson, James. 1995. Organisasi Perilaku Struktur, Proses. Alih bahasa: Djarkasih. Jakarta: Erlangga.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Mahmudi, (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik: Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

__________, ________. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif (judul asli Qualitative data Analysis) ahli bahasa Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI-Press.

Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Noor, Juliansyah. 2013. Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Robbin, Stephen P And Mary Coulter. 2001. Manajemen (judul asli management) alih bahasa T. Hermaya. Jakarta: Prenhallindo

Sandy, Muhammad. (2015). Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati. Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Tesis Universitas Widyatama Bandung

Sinambela, Lijan. (2012). Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

____________, _____. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Subekhi, Akhmad & Jauhar Mohammad. 2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

________. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta

________. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

________. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

________. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama.

Tika, Pabundu. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara

Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.