UMUM DAN KEPEGAWAIAN KANTOR PEKERJAAN UMUM KABUPATEN MAHAKAM ULU

Yustina Hipui

Abstract


Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya kinerja penataan dan penyimpanan arsip dan untuk menemukan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kinerja penataan dan penyimpanan arsip Di Bagian Umum Dan kepegawaian Kantor Pekerjaan Umum Kabupaten Mahakam Ulu.

Penelitian ini berformat deskriptif kualitatif dengan data primer yang dibutuhkan adalah pengalaman pengelola arsip dan aktivita penataan dan penyimpanan arsip. Adapun fokus penelitian pada penelitian ini yaitu kinerja penataan dan penyimpanan arsip yang meliputi prosedur permulaan arsip, prosedur penyimpanan arsip, pemeliharaan dan penataan arsip, pemindahan dan penyusutan arsip serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pengelolaan tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa dimensi biaya menyebabkan produktivitas penataan dan penyimpanan arsip pada jangka waktu tertentu tidak terlihat dan cenderung stagnan. Kondisi ini tergambar pada upaya penataan dan penyimpanan arsip Di Bagian Umum Dan kepegawaian Kantor Pekerjaan Umum Kabupaten Mahakam Ulu yang tidak memiliki tempat penyimpanan arsip yang memenuhi standar. Hal ini diperparah dengan pegawai suka menunda pekerjaan yang menyangkut kearsipan.

Ditemukan beberapa faktor yang menjadi penghambat dan pendukung kinerja penataan dan penyimpanan arsip Di Bagian Umum Dan kepegawaian Kantor Pekerjaan Umum Kabupaten Mahakam Ulu. Yaitu faktor personal, faktor kepemimpinan, faktor tim dan faktor sistem. Adapun faktor pendukung kinerja penataan dan penyimpanan arsip Di Bagian Umum Dan kepegawaian Kantor Pekerjaan Umum Kabupaten Mahakam Ulu terdapat pada faktor kontekstual atau


situasional. Oleh karena masalah pembiayaan menjadi dimensi yang mempengaruhi dimensi kinerja yang lain, maka perlu untuk mengalokasikan penganggaran arsip secara terkontrol dengan memperhatikan biaya-biaya lain yang menunjang pembiayaan pengelolaan penataan dan penyimpanan arsip.


Keywords


Kinerja, penataan dan penyimpanan arsip

Full Text:

Doc

References


Agus Sugiarto dan Teguh Wahyono. (2005). Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta : Gava Media

Basir Barthos. (2007). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ermin Kartiandari. (2007). Pengelolaan Arsip Pada Bagian Tata Usaha Kantor Dinas Pendidikan dan Kabupaten Jepara. Semarang : UNNES.

Lexy J. Moleong. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono Sularso. (2003). Manajemen Kearsipan. Semarang : UNNES.

Retno Wulandari. (2013). Manajemen Kearsipan Pada Bagian Umum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul. Yogyakarta : UNY.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta : Rineke Cipta.

Zulkufli Amsyah. (2003). Manajemen Kearsipan Modern. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.