PENGARUH SEMANGAT KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR

Hadi Suhadi

Abstract


Bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang terdapat pada tabel harga-harga kritis student-t untuk n-2 (31-2) pada tingkat signifikansi 0,01, yaitu t(hit) = 3,677> t(tab) Hadi Suhadi. 2020. Pengaruh Semangat Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur dibawah bimbingan Ibu Salasiah, S.Sos. M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak H. Ahmad Jubaidi, S. Sos, M.Si sebagai pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh semangat kerja terhadap produktivitas kerja pegawai di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 orang sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis Koefisien Korelasi Product Moment (pearson) dengan menggunakan presentase dan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji normailtas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana denagn menggunakan aplikasi SPSS 21.00 for windows.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable semangat kerja mempunyai hubungan yang sedang terhadap variable produktivitas kerja pegawai di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur, hal ini dibuktikan dengan adanya koefisien korelasi product moment, dimana r(hit) = 0.564> r (tab) = 0,456 pada tingkat signifikansi 0,01 untuk N = 31 yang berarti bahwa ada pengaruh yang sedang antara variabel semangat kerja terhadap variable produktivitas kerja pegawai, berdasrkan perhitungan nilai regresi linear sederhana yaitu 16.212 + 0,361 dan juga berdasarkan hasil perhitungan yang dibuat untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, di dapat hasil t(hit) = 3,677, hasil perhitungan tersebut memperlihatkan = 2,462.

 


Keywords


Semangat kerja dan proktivitas kerja pegawai.

Full Text:

doc

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dermawan, Didit. 2013. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Bandung: Temprina Media Grafika.

Kusumawarni, Dwi. 2007. Pengaruh Semangat Keerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktvitas Karyawan pada Peusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus.

Fathoni, Abdurrahmat, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, Sulistyani. 2013. Pengaruh Semangat Kerja terhadap Produktivitas Kerja di Kantor Kecamatan Tamalate Kabupaten Kediri.

Gomes, Cardoso, Faustino. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadari, N. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Haryanti. 2016. Pengaruh Semangat Kerja Terhadap Disiplin Kerja di Kantor Kelurahan Rappocini Kabupaten Gowa.

Hasibuan, Malayu S.P., Drs. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Alumni Bandung, 2001

Ksumawarni, Dwi. 2007. Pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus. Skripsi. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat STIE Nias Selatan .2017. Pedoman Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi dan Jurnal Ilmiah. Nias Selatan. Program Studi Manajemen STIE Nias Selatan. Mathis, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Nawawi, Hadari. 2003. Administrasi Personel untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Jakarta: Haji Masagung.

Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Sordakarya.

Ravianto. 2004. Produktivitas dan Pengukurannyan. Jakarta: Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas.

Sugiyono, 2004. Statistika Untuk Penelitian 2. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, Sri. 2003. Analisis Produktivitas Kerja Pegawai Bagian Perekonomian Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

Sutrisno, Hadi. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Syahrul, Galib. 2014. Analisis Perbandingan Mootivasi Kerja Antara Karyawan Kontrak dan Karyawan Tetap di Kredit Plus Cabang Makassar dilihat dari Teori Maslow dan Teori Erg


Refbacks

  • There are currently no refbacks.