PENGARUH PENGEMBANGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN MAHAKAM ULU

Yosep Paran

Abstract


Yosep Paran. 2020. Peranan pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kineja Pegawai pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mahakam Ulu dibawah bimbingan Bapak Dr. Marjoni Rachman, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak sebagai pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mahakam Ulu .

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 38orang sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis Koefisien Korelasi Product Moment (pearson) dengan menggunakan presentase dan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji normailtas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana denagn menggunakan aplikasi SPSS.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable pengembangan sumber daya manusia mempunyai hubungan yang rendah terhadap variable kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pekerjaan Umumu Kabupaten Mahakam Ulu, hal ini dibuktikan dengan adanya koefisien korelasi product moment, dimana r(hit) = 0,329 > r (tab) = 0,320 pada tingkat signifikansi 0,05 untuk N = 40 yang berarti bahwa ada pengaruh yang  Rendah antara variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan variabel  pegawai dan juga berdasarkan hasil perhitungan yang dibuat untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, di dapat hasil t(hit) = 2,093, hasil perhitungan tersebut memperlihatkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang terdapat pada tabel harga-harga kritis student-t untuk n-2 pada tingkat signifikansi 0,05, yaitu t(hit) = 2,093 > t(tab) = 1.688. 

 


Keywords


Pengembangan sumber daya manusia dan kinerja pegawai.

Full Text:

doc

References


Bungin, B, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Pernada Media: Jakarta

Fitriana, 2008, Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Karyawan Bagian Produksi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PT. Utusan Intergrafika Pers Pekanbaru, UIN SUSKA, Skripsi tidak dpublikasi.

Iqbal, 2000. Pokok-Pokok Statistik, Jilid dua. Erlangga: Jakarta.

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi kedua, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Games Cardoso Fausino, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke Tiga, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Hasibuan, Melayu, 2002, Manjemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

_____________, 2000, Manjemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara: Jakarta

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

___________________________, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Mondy, Wayne, 2008, Manjemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ke sepuluh, Jilid I, Penerbit Erlangga: Jakarta

Robert, Mathis.L dan Jackson, John H, 2002, Management Resosuse: Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat: Jakarta

Ruky, Achmad S, 2006, Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas: Pendekatan Praktis Untuk Memproleh dan Mengembangakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Dalam Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta .

________, 2003, Metodologi Penelitian, Alfa Beta, Jakarta.

Santoso,S., 2005. Mengunakan SPSS Dan Excel Untuk Mengukur Sikap Kepuasan Konsumen, Elex Media Komputindo: Jakarta .

Saydam, Gouzali, 2006, Built In Training: Jurus Jitu Mengembangankan Propesionalisme Sumebrdaya Manusia, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Sugiyono, 2001, Metodologi Penelitian, Alfa Beta, Jakarta .

Supranto, J., 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta .

Usman, Husaini dan Akbar, S Purnomo, 2008, Metodelogi Penelitian Sosial. Edisi Kedua, PT. Bumi Aksara: Jakarta

Umar, Husien, 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Widarjono, Agus, 2005. Ekonometrika Teori dan Terapan (Untuk Ekonomi dan Bisnis), Ekonisia: Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.