PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KENYAYAN KECAMATAN SILUQ NGURAI KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

Ana Maria

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program pemerintah pusat dan daerah dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada di daerah atau suatu wilayah agar dapat berkembang serta dapat membantu proses kemajuan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan implementasi program pemberdayaan masyarakat desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Siluq Ngurai Kutai Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini yaitu masyarakat yang telah mengikuti kegiatan pemberdayaan masyarakat desa Kenyayan di Kecamatan Siluq Ngurai Kutai Barat  berjumlah 89 orang dengan jumlah sampel 47  orang. Pada penelitian ini pengujian validasi yang dilakukan menggunakan Product Moment. Kemudian analisis data menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel implementasi program pemberdayaan masyarakat (X) terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat (Y) Kecamatan Siluq Ngurai, Kabupaten Kutai Barat. Pengaruh yang dihasilkan adalah pengaruh positif dan signifikan, dapat dilihat dari data hasil uji T (Parsila), menunjukkan nilai t-hitung 6,310 > 2,021 dengan nilai sig 0,000 <  dari 0,05. Dari hasil Uji F juga menyatakan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen, karena nilai F-hitung 39,811 > 4,06 nilai F-tabel dengan nilai signifikansi (sig) 0,000.


Keywords


Implementasi Program, Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan

Full Text:

Doc

References


Fahrudin, Adi. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Kusniawati, D., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui program desa wisata di Desa Bumiaji. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 59-72.

Larosa, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) dalam Mendukung Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung). Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Mardikanto, T. (2013). Pemberdayaan masyarakat oleh perusahaan: corporate social responsibility: acuan bagi praktisi, akademisi, dan pemerhati program CSR. Sebelas Maret University Press.

Maspaitella, M. J., & Rahakbauwi, N. (2014). Pembangunan Kesejahteraan Sosial: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pendekatan Pekerja Sosial. Jurnal Aspirasi, 5(2), 157-164.

Pebrian, S., & Suardi Tarumun, Rosnita. (2012). Pengaruh Pelaksanaan Program Pemberdayaan Desa (Ppd) Terhadap Keberdayaan Masyarakat Desa Di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal SEPA, 9(1), 64-73.

Rhius, Lase. (2015). Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Jalan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Di Desa Tanjung Kecamatan Cipunagara Kabupatensubang Provinsi Jawa Barat. Jakarta: Bina Nusantara University.

Surmayadi, Nyoman. (2005). Efektifitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah. Jakarta. Citra UtamaPertama. Jakarta: Binapura Aksara.

Suryana, S. E. L. (2009). Implementasi Kebijakan tentang Pengujian Kendaraan Bermotor di Kabupaten Aceh Tamiang (Master's thesis). USU.

Teguh, A. (2004). Kemitraan dan model-model Pemberdayaan. Penerbit Gaya Media, Yogyakarta.

Zubaedi, (2007). Wacana Pembangun Alternatif: Ragam Prespektif Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Ar Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.