PENGARUH PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS MENGAJAR PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 007 LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT

Wiwin Apriani

Abstract


Wiwin Apriani, skripsi dengan judul Pengaruh Pengawas  Sekolah Terhadap Efektivitas  Mengajar Pada Sekolah  Dasar Negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh pengawas sekolah terhadap efektivitas mengajar pada Sekolah  Dasar Negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Analisa data menggunakan instrumen analisis koefisien korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS windows.

            Populasi penelitian ini adalah guru berstatus Pegawai Negeri Sipil dan guru honor berjumlah 25 (dua puluh lima) orang, Karena populasinya relatif kecil, maka penulis tidak mengambil sampel melainkan seluruh populasi dijadikan responden penelitian dengan menggunakan metode sensus.

            Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh rhit = 0,412, hasil perhitungan  tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 25 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,396. atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,412 > rtab = 0,396. hal ini bermakna bahwa terdapat ada hubungan yang positif antara variabel  pengawas sekolah  terhadap efektivitas mengajar guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barart.

            Berdasarkan tabel pedoman interpretasi terhadap koefisien korelasi Product Moment, hasil perhitungan tersebut berada pada interval 0,40 – 0,599, hal ini  berarti terdapat hubungan yang sedang antara variabel  pengawasa sekolah  terhadap efektivitas mengajar guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat.

            Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji-t adalah sebesar 2,623.  Hasil perhitungan  ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 2,623 > ttab = 1,701 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 23 (25 – 2 = 23).  Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara variabel pengawas sekolah  terhadap efektivitas mengajar guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rumusan masalah di dalam penelitian ini telah terjawab dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat dibuktikan kebenarannya, bahwa pengawas sekolah berpengaruh positif  terhadap efektivitas mengajar guru.


Keywords


pengawas sekolah

Full Text:

Doc

References


Danim, Sudarwan., 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Fathoni Abdurrahmat, 2006, Organisasi dan Manajemen, cetakan pertama, Rineka Cipta, Jakarta.

Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Ilmu Pengetahuan dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

Handoko,T.Hani, (2016),Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Penerbit. BPFE

Handoko, T, Hani. 2016. Manajemen. BPFEE, Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2016. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Mutu Pendidikan. Jakarta.

M. Situmorang Viktor dan Juhir, ( 1997 ), Aspek Hukum Pengawasan Melekat Dalam Lingkungan Aparatur Pemerintah, Jakarta: Penerbit PT.Renika Cipta

Manullang, M, 2005, Dasar – Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Muhammad, Thoha. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Siagan, Sondang P,2002, Filsafat Administrasi, Gunung Agung, Jakarta

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Sujatko, 1993, Beberapa Pengertian di Bidang Pengawasan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Syamsi, Ibnu., 1988. Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen, Alumni, Bandung.

Richard M Steers., 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.