PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN FISIK DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SAMARNDA UTARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Sudarmanto sudarmanto

Abstract


ABSTRAK

        Sudarmanto, 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur,  di bawah bimbingan Drs. H. Maskan, AF, M.Si. selaku Pembimbing I dan Drs. Ghufron, M.Si. selaku Pembimbing II.

        Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengdeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pembanguan fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur, untuk menganalisis dan mengdeskripsikan faktor-faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Fokus penelitian ini adalah partisipasi masyarakat dalam pembangunan fisik yang meliputi memberikan gagasan, proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan  terhadap pembangunan fisik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah Sekertaris Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur  selaku key informan, Kaur Pembangunan dan masyarakat Desa Sukorejo selaku informan  yang dipilih secara accidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis data model interaktif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur belum cukup memuaskan, ada beberapa faktor penghambat yg mempengaruhi Pembangunan Fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini dibuktikan dengan 4 (empat) indikator yang menjadi fokus penelitian yaitu: faktor kurangnya perencanaan dalam mengumpulkan informasi-informasi yang terkait dengan pembangunan, kurangnya partisipasi masyarakat Desa Sukorejo dalam kegiatan gotong royong di lingkungan desa dikarenakan sibuk bekerja, ketidaktersediaan atau kurangnya bahan bangunan karena keterbatasan dana / biaya untuk melaksanakan pembangunan fisik, serta pengurus desa yang berperan dalam pengelolaan pembangunan fisik Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur itu sendiri memiliki latar pendidikan yang rendah, berakibat pada persoalan pola kerja dari pejabat pemerintahan desa yang kurang memahami pedoman/prosedur kerja yang sudah ditetapkan.


Keywords


Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Samarinda Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Full Text:

Doc

References


Abe, Alexznder. 2002. Perencanaan Daerah Partisipatif. Solo : Penerbit Pondok Edukasi.

Dwipayana, Ari. 2001. Membangun Good Governance Di Desa. IRE Press. Yogyakarta.

Effendi, Bacthiar, 2002. Pembangunan daerah Otonomi Berkeadilan, Jakarta: PT. Uhindo dan Offset.

Umar, Husen. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Isbandi Rukminto Adi. 2007. Perencanaan Partisipator Berbasis Aset Komunitas: dri Pemikiran Menuju Penerapan, Depok: FISIP UI Press.

Kaho, Josef Riwu, 2003. Prospek Otonomi Daerah di Negara Indonesia, Identifikasi Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penyelanggaraan, Jakarta:PT. Raja Grapindo Persada.

Sasono, A. 1997. Pembangunan Perekonomian Rakyat. Jakarta: Republik.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Siagian, Sondang. P. 2005. Administrasi Pembangunan. Konsep Dimensi dan Strateginya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarto, Hetifah. Sj. 2003. Inovasi, Partisipasi Dan Good Governance. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Supriady, Deddy dan Riyadi. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta: SUN.

Suryono, Agus. 2001. Teori dan isu Pembangunan.Malang: UM-Press.

Tarigian, Robinson. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Askara.

Tjokroamidjojo, Bintoro, 2002. Perencanaan Pembangunan, Jakarta:PT. Gunung Agung.

Tjokrowinoto, Moeljarto. 2002. Peranan Kebudayaan Politik dan Kebudayaan Administrasi Di Dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Yogyakarta: Balai Pembinaan Administrasi UGM.

Yuwono, Teguh, 2001. Manajemen Otonomi Daerah: Membangun Daerah Berdasarkan Paradigma Baru, Semarang: Clogapps Diponegoro Univercity.

Maran, Rafael Raga. 2001. Manusia Dan Kebudayaan Dalam Perspektif IlmuBudaya Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Patton, Andri. 2005. Peran Informal Leader Dalam Pembangunan Desa di Daerah Perbatasan Kabupaten Malinau. Malang: Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.