PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN MAHAKAM ULU

Magdalena Bulan

Abstract


Magdalena Bulan, skripsi dengan judul Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada  Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu.

            Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, menggunakan instrumen analisis koefisien korelasi product moment.

            Populasi dalam penelitian sebanyak 104 orang pegawai. Sesuai dengan lokasi penelitian dan karaktersitik responden, maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah pegawai berstatus PNS sebanyak 15 orang dan pegawai  TNP yang akan diangkat menjadi CPNS sebanyak 20 orang jumlah responden penelitaian, jumlah sampel sebanyak 35 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan porposive sampling.

                Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi Product Moment (Pearson) diperoleh    rhit  0,412, hasil rhit  tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 35 pada tingkat signifikansi 5%, yaitu 0,316. atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,412 > rtab = 0,316, hal ini menunjukkan  bahwa  motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pada  Sekretariat   DPRD  Kabupaten  Mahakam  Ulu.

                        Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji-t diperoleh thit sebesar 4,623. Hasil tersebut jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 4,623 > ttab = 1,701 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 33 (35 – 2 = 33).  hal ini berarti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara variabel  motivasi kerja dengan variabel kinerja.  

            Berdasarkan hasil perhitungan koefisiensi determinasi, diperoleh nilai R Square atau r2 sebesar 30%. dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada   Sekretariat   DPRD  Kabupaten  Mahakam  Ulu adalah sebesar 30%, dan sebesar 70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.  Maknanya adalah bahwa sebesar 30%  kinerja pegawai  pegawai di pengaruhi oleh faktor dominan yaitu kuantitas dan kualitas pekerjaan, kehandalan dalam bekerja dan tanggungjawab terhadap jabatan yang diemban seorang pegawai, dan sisanya sebesar 70%  pelayanan dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tiadk di ukur dalam penelitian ini, seperti gaji dan insentif yang diterima pegawai, perhatian pimpinan, training, kerjasama dan lainnya.


Keywords


motivasi

Full Text:

Doc

References


Buchari Zainun.2005. Manajemen dan Motivasi, Balai Aksa, Jakarta.

Damayanti, Agiel Puji, Dkk. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jurnal Penelitian Universitas Sebelas. Surakarta.

Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Edy, Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Harsuko. 2011. Mendongkrak Motivasi Dan Kinerja Pendekatan Pemberdayaan SDM. Malang: UB Press

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ishak Arep dan Hendri T. 2005. Manajemen Motivasi. PT. Grasindo Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Mahmudi, 2005, Manjemen Kinerja Sektor Publik, Akademi Majemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Mangkunegara, AP. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama, Rosda, Bandung.

Manullang, M. 2010, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

McGill, Michael E., 2010, Pedoman Pengembangan Organisasi (terjemahan Rochmulyati Hamsah), Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Robbins, P. S., & Judge, A. T. 2013. Organizational Behavior. Ed 15th. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sarwoto. 2007, Dasar-dasar Organisasi Management, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Serdamayanti. 2012. Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Apriyanti Mulya Di Kota Bandung. Jurnal Penelitian: Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Siagian, S. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima Belas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Simamora, Henry., 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, EdisiI, cet. Ke-I, Yogyakarta.

Siswanto, B., 2007, Manajemen Tenaga Kerja, Sinar Baru, Jakarta.

Siswandi. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Internal, dan Motivasi Kerja Terhadapat Kinerja Karyawan. Jurnal Penelituian: Universitas Dian Uswantoro. Semarang.

Sudarwan Danim. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Reneka Cipta. Jakarta.

Sudarmanto. 2010. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Surat Kabar Kompas, tanggal 4 September 2018. Tantangan Reformasi Birokrasi Pemerintahan Indonesia.

Suwatno. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Swasto, Bambang. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UB. Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.