ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA RUMAH SAKIT HARAPAN INSAN SENDAWAR KABUPATEN KUTAI BARAT

Lerika Evi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat Kualitas Pelayanan Publik pada Rumah Sakit Haran Insan Sendawar di Kabupaten Kutai Barat.  Aspek yang diteliti meliputi: Kejelasan dan kepastian, Keterbukaan, Ekonomis, Keadilan yang merata  dan Ketepatan waktu. Dari kelima aspek tersebut, indikator myang digunakan, meliputi: Prosedur pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Tanggung jawab petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan, Kecepatan pelayanan, Keadilan mendapatkan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kewajaran biaya pelayanan, Kepastian biaya pelayanan, Kepastian jadwal pelayanan, Kenyamanan lingkungan, dan Keamanan Pelayanan.

Hasil penelitian menyimpulakn bahwa: 1) Berkaitan dengan variabel kejelasan dan kepastian, terdapat 6 dari 14 atau 42,86% indikator jawaban responden yang menyatakan setuju.  Keenam indikator yang dimaksud meliputi: prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, keadilan mendapat layanan, kesopanan dan keramahan petugas., kepastian jadwal pelayanan, dan keamanan pelayanan; 2) Berkaitan dengan variabel keterbukaan, terdapat 5 dari 14 atau 35,71% indikator jawaban responden yang menyatakan setuju.  Kelima indikator yang dimaksud meliputi: prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kedisiplinan petugas, keadilan mendapat layanan, serta kesopanan dan keramahan petugas; dan 3) Berkaitan dengan variabel ekonomis, terdapat 6 dari 14 atau 42,86% indikator jawaban responden yang menyatakan setuju.  Kelima indikator yang dimaksud meliputi: prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, keadilan mendapat layanan, kesopanan dan keramahan petugas, kepastian jadwal pelayanan, dan kenyamanan lingkungan.


Keywords


Kualitas, Pelayanan Publik, Keterbukaan

Full Text:

Doc

References


Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Carlin, Tyrone M. 2004. Output Based-Budgeting and the Management of Performance. MGSM Working Papers in Management. Macquarie Graduate School of Management. Sydney

Depdagri-LAN. 2007. Modul Kebijakan Pelayanan Publik, Diklat Teknis Pelayanan Publik, Akuntabilitas dan Pengelolaan Mutu (Public Service Delivery, Accountability, and Quality Management). Jakarta: LAN.

Direktorat Aparatur Negara. 2004. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta: Bappenas

http://kamusbahasaindonesia.org/pelayanan

Kepmen.PAN NOMOR : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Parasuraman dan Berry. 2012. SERVQUAL: A Multiplr Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, Vol 65.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustak Pelajar

Siagian, Sondang P. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dab R & D. Banudng: Alfabeta.

Supriyono, Maryanto. 2011. Buku Pintar Perbankan. Yogyakarta: ANDI.

Wasistiono, Sadu. 2001. Manajemen Pemerintahan Daerah. Bandung: Alqa Print


Refbacks

  • There are currently no refbacks.