ANALISIS PENGARUH FASILITAS KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPT. PUSKESMAS LINGGANG BIGUNG

Nazaruddin Ishak

Abstract


Nazaruddin Ishak, Sumber daya manusia merupakan salah satu penggerak utama atas kelancaran jalannya kegiatan sebuah organisasi, bahkan maju mundurnya perusahaan ditentukan oleh keberadaan sumber daya manusia itu sendiri. Setiap perusahaan perlu memperhatikan dan mengatur keberadaan pegawainya untuk meningkatkan kinerja yang baik serta menciptakan pegawai yang berkualitas. Fasilitas kantor yang memadai sangat penting untuk meningkatkan kinerja pegawai. Fasilitas tersebut dapat menjadi pendorong kebutuhan pegawai untuk melaksanakan kegiatannya agar pekerjaan dengan mudah terselesaikan. Dalam meningkatkan semangat kerja karyawan, perusahaan selalu berusaha untuk memberikan fasilitas–fasilitas kerja yang dibutuhkan kayawan supaya semangat kerja karyawan tinggi. Menurut  Hariandja  (2005:2),  sumber  daya  manusia  (SDM) merupakan  salah  satu  faktor  yang  sangat  penting  dalam  suatu perusahaan di samping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu, SDM harus  dikelola  dengan  baik  untuk  meningkatkan  efektivitas  dan efesiensi  organisasi,  sebagai  salah  satu  fungsi  dalam  perusahaan  yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM), sedangkan Mathis  dan  Jackson  (2006:3)  mengemukakan  bahwa  sumber  daya manusia adalah rancangan sistem-sistem formal dalam organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi. Dari pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa  sumber  daya  manusia  merupakan  proses  perencanaan  dan pengembangan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

Penelitian ini merupakan jenis explanatory research atau penelitian penjelasan yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh variabel-variabel, yaitu fasilitas kantor dan kinerja pegawai.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1.         Nilai korelasi antara variable fasilitas kantor (x) dan variable kinerja pegawai (y) sebesar 0,435, dengan jumlah sampel sebesar 59 responden, menunjukan korelasi yang positif dan signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara variabel fasilitas kantor (x) dengan variable kinerja pegawai (y).

2.         Dengan menggunakan uji F, pada model regresi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, dengan menggunakan α sebesar 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya ada pengaruh fasilitas kantor (x) terhadap kinerja pegawai (y).


Keywords


Sumber Daya, Organisasi

Full Text:

Doc

References


Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Keenam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), h. 67.

Arikunto, Suarsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2017. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erawan, Prasetya, 2003. Analisis Manajemen edisi IV. BPEE, Yogyakarta Gibson James L.,John M. Ivancevich dan James H. Donnelly, Jr, 1980, Organisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta

Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: STIE YKPN, 2004), h. 338.

Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: STIE YKPN, 2004), h. 338.

Humaira, Maila. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Fasilitas Kantor Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kota Binjai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Keban, Yeremias T, 2004. Enam Dimensi Strategis Adminitrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Gava Media, Yogyakarta

Malayu S.P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2001), h. 34.

Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Rajawali Press.

Robbins, S.P. dan Timothy A. Judge, 2015. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan. edisi Kedelapan. Jilid dua. Penerbit : Prenhallindo, Jakarta

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soekanto Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001), h. 42.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trihendradi, Cornelius. 2005. SPSS 12 Statistik Inferen Teori Dasar dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.

Veithzal Rivai, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004), h. 324.

Wirawan, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi daan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015), h. 272-276.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.