PENGARUH EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI LINGKUNGAN KECAMATAN BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR
Abstract
IMA ARDILA, Pengaruh Efektivitas Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Lingkungan Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti,M.Si. selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak H. Achmad Jubaidi, S.Sos, M.Si. selaku Dosen Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Ekektifitas Kerja Pegawai dalam Meningkatkan pelayanan publik di Lingkungan Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur, dan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaanya. Dalam penelitian ini terdapat beberapa penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan pasal 4 UU No.25 tahun 2009 yaitu Transparansi, Akuntabilitas dan Ketepatan waktu serta teori dari pengukuran efektivitas kerja yaitu Produktivitas Kerja dan Kepuasan Kerja.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan serta mendeskripsikan bagaimana Efektivitas Kerja Pegawai dalam proses pelayanan public yang dilaksanakan di Lingkungan Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman (dalam Sugiyono) tahun (2014: 405-412), dimana analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dengan melakukan penelitian kepustakaan dan sumber-sumber data sekunder lainnya serta melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara yang mendalam (interview indeep).
Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa Efektivitas Kerja Pegawai dalam Pelayanan Publik di Lingkungan Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur khususnya yang berhubungan dengan produktivitas kerja yang dihasilkan para pegawai dalam memberikan pelayanan publik masih terdapat beberapa kendala. Hal tersebut terjadi karena hanya ada beberapa pegawai saja yang mampu menguasai atau menggunakan computerisasi, dan dalam pelaksanaannya juga seringkali terjadi keterlambatan waktu penyelesaian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan dalam kepuasan kerja, transparansi dan akuntabilitas serta ketepatan waktu yang diberikan pegawai terhadap masyarakat dalam memberikan pelayanaan publik telah dilaksanakan secara baik dan berjalan dengan lancar.
Keywords
Full Text:
docReferences
Arikunto, Suharsimi. (2005). ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta
Agus Dwiyanto. 2008. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik.
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Agung, Kurniawan 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta:
Pembaharuan
Agung Kurniawan dalam Sinambela. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta :
BumiAksara
Afandi, Muhammad Yazid. 2009. Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Logung Printika
Crosby, Lethimen dan Wyckoff dalam: Waluyo, 2007, Perpajakn Indonesia, edisi
, Jakarta: Salemba empat
Gibson dalam Tangkilisan 2007 . Manajemen Publik. Gramedia Widia. Jakarta
Husein Umar, 2004, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Handoko, T. Hani . 2003 . Manajemen . Edisi 2 . Penerbit BPFE Yogyakarta , Yogyakarta .
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju
Lukman, Sampara & Sugiyanto: 2001. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima. Buku Ajar Diklatpim Tingkat III
Mahmudi. 2007. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Yogyakarta:
UPP STIM YKPN
Moenir dalam Tangkilisan 2005. Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta
Moenir, H.A.S., 2010, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen pelayanan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Suyanto, 2005, Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Siagian, Sondang. 2007. Fungsi-fungsi manajerial edisi revisi.
Jakarta. Bumi Aksara
Sedarmayanti. (2004), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung:
Mandar Maju
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Afabeta
---------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Penerbit Alfabeta
Steers Richard. M.. 2005. Efektivitas Organisasi. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen pelayanan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.