ANALISA KUALITAS PELAYANAN BPJS DI LINGKUNGAN RUMAH SAKIT DIRGAHAYU KOTA SAMARINDA

Nita Kusmalasari

Abstract


NITA KUSMALASARI. NPM. 15.11.1001.3509.063. SKRIPSI. ANALISA KUALITAS PELAYANAN BPJS DI LINGKUNGAN RUMAH SAKIT DIRGAHAYU KOTA SAMARINDA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Dirgahayu Kota Samarinda dilihat dari teori standar kualitas jasa menurut Groonros (dalam Tjiptono 2011) yaitu Profesionalisme and skill (Profesionalisme dan keahlian), Attitudes and behavior (Sikap dan Perilaku), Accessbility and flexibility (Kemudahan pencapaian dan penyesuian pelayanan), Realibility and trustworthiness (Kehandalan dan kepercayaan), Recovery (Pengendalian situasi dan pemecahan masalah), Reputation and credibility (Nama baik dan dapat dipercaya). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan  berjumlah 19 orang yaitu Pasien atau keluarga pasien yang memperoleh pelayanan, Kabid Pelayanan medis sebagai yang mengetahui segala proses dan kondisi pelayanan oleh pegawai di loket pelayanan, salah satu Pegawai loket bagian pelayanan BPJS kesehatan Rumah Sakit Dirgahayu Kota Samarinda. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada di Rumah Sakit Dirgahayu Kota Samarinda, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan BPJS Kesehatan di RSU Dirgahayu Kota Samarinda secara umum sudah berjalan baik, meskipun masih ada beberapa hal yang mesti di perbaiki seperti sikap yang kurang ramah dari petugas medis yang masih muda dan petugas administrasi yang masih baru, Kehandalan dan kepercayaan terhadap petugas administarsi dan petugas medis masih sudah cukup maksimal.

 


Keywords


Kualitas pelayanan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit.

Full Text:

doc

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara, 2000.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Achmad, Nazili. 1982. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta : CV. Bina Usaha.

Fathoni, Abdurrahmat, 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber daya Manusia, cetakan pertama, Rineka Cipta Jakarta.

Greenberg dan Baron, 2001. Pengertian Kedisiplinan, http://jurnal-sdm.blogspot.com

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Grasindo, Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidika Nasional, (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Sedarmayani. 2001. Dasar – Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran. Bandung : Mandar Maju

Siswanto Sastrohadiwiryo, 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional (Cetakan Pertama). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfaberta

Sugiyono . 2012. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfaberta

Sugiyono.2005. Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Siagian, Sondang. 2002. Manajemen Sumber Daya manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Siagian, Sondang. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Edisi 1, Cetakan II, Penerbit PT. Bumi Aksara

Siagian Sondang, P. 2002. Kiat Peningkatan Produktifitas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumitro.(1998).Pengantar Ilmu Pendidikan.Yogyakarta : IKIP Yogyakarta Tim Pengembangan MKDK. 1995. Dasar-dasar Kependidikan.Semarang : IKIP Semarang Press.

Umar Tirtarahardja dan La Sulo. 1994. Pengantar Pendidikan.Jakarta : Depdikbud.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber daya Manusia.Teori, Aplikasi, dan penelitian, Salemba Empat, Jakarta.

Sumber lain :

Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang-

Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat 8 Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2000 Pasal 4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.