PROFESIONALISME APARATUR DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profesionalisme aparatur dalam pelayanan publik di kantor camat samarinda seberang itu sendiri dengan mengindentifikasikan faktor penghambatannya.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Profsionalisme aparatur yakni Kreatifitas, inovasi dan responsiftitas dalam pelayanan publik di kantor Camat Samarinda Seberang. Dan faktor penghambat profesionalisme aparatur dalam pelayanan publik itu sendiri adalah aparatur tidak menjalankan tugasnya dengan baik .Teknik analisis data yang digunakan yaitu interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, Profesionalisme aparatur di Kantor Camat Samarinda Seberang, baik dalam rangka pelayanan kepada masyarakat maupun dalam pelayanan tugas telah mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kewenangan dan tanggung jawab masing-masing unit kerja aparatur kecamatan telah dipahami dan dilaksanakan dengan baik. Namun demikian, berdasarkan perspektif masyarakat pada umumnya menilai profesionalisme aparatur Di Kantor Camat Samarinda cukup baik dan pelayanan publik di kantor Camat Samarinda masih kurang baik.
Keywords
Full Text:
DocReferences
Anwar, prabu 2007, manajemen sumber daya perusahaan. Penerbit PT. Remaja rosdakarya, Bandung.
Arikunto, suharsimi, 2002. Prosedur penelitian, rineka citta, Jakarta
Cahayati, atik, 2005, strategi dan kebijakan manajemen sumber daya manusia penerbit PT.Ikar mandiri abadi, jakarta
Dessler, Gary, 2003, sumber daya manusia.penerbit PT. intan sejati, klaten
Frederickson,G, 1988. Administrasi Negara baru, LP3ES, Jakarta.
Kamus besar bahasa Indonesia,2005. Pusat bahasa departemen pendidikan nasional. Balai pustaka, Jakarta.
Keban, yeremias T, 2004, administrasi public, konsep, teori dan isu. Edisi pertama gava media, Yogyakarta.
Kumorotomo, wahyudi, 2005, Erika administrasi Negara, penerbit PT. raja grafindo persada, Jakarta
Kurniawan, agung, 2005. Transformasi pelayanan public. Yogyakarta : pembaruhuan
Hayat, 2017 manajemen pelayanan public, depok
Dr. hardiyansyah,M.Si, 2018. Kualitas pelayanan public. Yogyakarta,
Moleong, lexy J, 2004, metode penelitian kualitatif, edisi revisi, penerbit remaja rosdakarya, bandung.
Miles, matthew, B dan Huberman, Michael penterjemah tjetbeb rohendi,R, 1992. Analisis data kualitatif. UI press, Jakarta.
Notoadmodjo, 2002. Pengembangan sumber daya aparatur. Penerbit renika cpta. Jakarta.
Siagian, P, sondang, 2000, patologi birokrasi, penerbit galia Indonesia, Jakarta.
Syafiie, inu kencana, 2003, system administrasi Negara republic Indonesia, cetakan pertama, penerbit PT. Bumi akrasa, Jakarta.
Sarungdajang, 2003, birokrasi dalam otonomi daerah, upaya mengatasi kegagalan penerbit pustaka sinar harapan, Jakarta.
Soesiana, 2004, undang-undang otonomi daerah. Penerbit sinar grafika,Jakarta.
The liang gie, 2002, ensiklopedi administrasi penerbit gunung agung, Jakarta.
Peraturan perundangan :
Undang-Undang nomor 8 tahun 2005 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang perubahan atas undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah.
Peraturan daerah kota samarinda nomor : 11 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja dinas daerah kota samarinda.
Peraturan daerah kota samarinda Nomor : 12 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja inspektorat, badan perencanaan pembangunan daerah dan lembaga teknis daerah kota samarinda.
Refbacks
- There are currently no refbacks.