PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PADA KANTOR DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA SAMARINDA

Muhammad Taufiq Ar Razak

Abstract


Muhammad Taufiq Ar Razzak, 2019, Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kinerja Pada Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Bimbingan Ibu Salasiah S.Sos, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, M.Si selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kinerja Pada Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda dalam pelaksanaan disiplin kerja pegawai terhadap peningkatan kinerja.

          Metode yang digunakan adalah asosiatif dengan analisa kuantitatif dan populasi dari penelitian ini adalah Pegawai Lapangan berjumlah 175 orang, sedangkan teknik penunjang nya adalah observasi, wawancara dan kuesioner.

          Penelitian ini menggunakan teknik analisis data koefisien korelasi product moment dan uji-t sebagai perangkatnya, maka dapat diketahui faktor disiplin kerja pegawai berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda.

          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel Disiplin Kerja dan Variabel Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemadam Kebakaran kota Samarinda. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi r adalah sebesar 0.984 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat diantara kedua variabel.

          Sementara itu untuk uji –t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar 45.816 hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n-2 adalah 3.212, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Disiplin Kerja dan Peningkatan Kinerja. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat diselesaikan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Keywords


Disiplin Kerja dan Peningkatan Kinerja Pegawai

Full Text:

doc

References


Handoko T.H., 2005. Manajeman Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu, SP., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi

Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mangkunegara, A. A. AP., 2013. Manajemen Sumber Daya Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta.

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nawawi, H., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Siagian P. Sondang, 2008, Manajemen Sumber daya Manusia, Edisi Pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung.

Soejono, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung:2000.

Umam, K., 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Widodo, Joko. 2005. Membangun Birokrasi berbasis Kinerja. Jawa Timur : Bayumedia.

Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.

Winardi, 2001, Manajemen Perkantoran dan Pengawasan, Alumni, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.