PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN MAHAKAM ULU

Khatarina Tuko

Abstract


Katharina Toku, skripsi dengan judul Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Penggunaan Anggaran  pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh  Pengawasan Terhadap Efektivitas Penggunaan Anggaran  pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu. Analisa data menggunakan instrumen analisis koefisien korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS R 17,0 for windows.

            Populasi penelitian adalah sebanyak 30 (tiga puluh) orang PNS dijadikan sebagai responden penelitian atau dengan kata lain penelitian ini menggunakan metode sensus (sensus sampling), dengan pertimbangan status responden sebagai pegawai negeri sipil yang sebagian besar menduduki jabatan struktural memahami  berkaitan dengan pengelolaan anggaran pada lembaga tersebut.

            Berdasarkan analisa data  uji korelasi product moment pearson, diperoleh hasil perhitungan sebesar sebesar 0,606. dilihat pada r tabel koefisiensi korelasi product momentdengan taraf signifikansi 5% untuk N = 30, diperoleh nilai r tabel = 0,429. Nilai r yang diperoleh dari hasil perhitungan rumus korelasi product moment adalah lebih besar dibandingkan r tabel korelasi (0,606 > 0,429), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variable pengawasan keuangan terhadap variabel efektivitas  penggunaan  keuangan  pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu, dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin baik pengawasan yang dilakukan pimpinan maupun pihak inspektorat  maka semakin baik pula efektivitas penggunaan anggaran pada kantor tersebut.

            Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi, dengan bantuan program SPSS for windows,  maka diperoleh R Square atau r2 sebesar 65%.  Besarnya pengaruh pengawasan  anggaran terhadap efektivitas pengelolaan anggaran pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu, adalah sebesar 65%, dan sebesar 35% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Maknanya adalah bahwa sebesar 65% efektivitas penggunaan anggaran dipengaruhi oleh faktor pengawasan keuangan, yaitu : prosedur penggunaan anggaran, mengukur dan membandingkan, tujuan dan sasaran anggaran, dan perbaikan tindakan atau koreksi. sebesar 35%  efektivitas pengelolaan anggaran dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini.

            Berdasarkan hasil perhitungan uji t hitung  program SPSS for windows ver. 17. Maka dapat diketahui bahwa besar t hitungnya adalah 3.240. dari hasil tersebut kalau dibandingkan dengan t table maka didapat t hitung> t tabel (3.240 >1.688), dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel pengawasan keuangan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap efektivitas pengelolaan anggaran pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu.


Keywords


pengawasan

Full Text:

Doc

References


Anthony, R.N. dan V. Govindarajan. 2004. Management Control Systems, Eleventh Edition, McGraw-Hill Companies, Inc, U.S.A,

Bahrullah Akbar (2002) Fungsi Manajemen Keuangan, Boklet Publikasi BPK, No.87 Bulan Oktober, Jakarta, BPK

Baswir, Revrisond .( 1995) . Akuntansi Pemerintahan Indonesia . Edisi ketiga, BPFF. Yogyakarta

Danim, Sudarwan., 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Fathoni Abdurrahmat, 2006, Organisasi dan Manajemen, cetakan pertama, Rineka Cipta, Jakarta.

Halim, Abdul, 2002 , Akuntansi Sektor Publik akuntansi Keuangan Daerah, Edisi pertama , Salemba empat, Jakarta

Gibson, James L, John M.I, James H. Donnely. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Ilmu Pengetahuan dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

Handoko, T, Hani. 2016. Manajemen. BPFEE, Yogyakarta.

Mardiasmo, 2010, Akuntansi Sektor Publik, Edisi Pertama Penerbit Andi, Yogyakarta.

Manullang, M, 2005, Dasar – Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Purwadarminta,Kamus Umum Bahasa Indonesia , 2000, Balai Pustaka, Jakarta

Robbin P. Stephen, 2003, Perilaku Organisasi, Alih Bahasa, Tim Indeks, Gramedia, Jakarta.

Schiff, M., dan A.Y Lewin. 1990. “The Impact of People on Budgets’. The Accounting Review. April. pp. 259-268,

Sondang P Siagian.2002, Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Cetakan ke 3, Gunung Agung, Jakarta

Stoner, James A.F. 1992. Management 2nd Edition. Prentice-Hall,

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Richard M Steers., 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Www. Tribun Kaltim,co. Tribun Kaltim, 1 Desember 2017

Tyson, Saun & Tony Jackson, 2000, The Esesnce Of Organizational Behavior, Perilaku Organisasi, Andi, Jogjakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.