TINJAUAN TENTANG IMPLEMENTASI PELAYANAN KEPADA PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA DATAH BILANG KECAMATAN LONG HUBUNG KABUPATEN MAHAKAM ULU
Abstract
Dovina Ding, 2021, Tinjauan Tentang Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang, Bimbingan Bapak H. Marsuq, S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak H. Ahmad Jubaidi S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang.
Jenin penelitian ini Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa datah Bilang, dengan fokus penelitian : ketepatan instrumen, kapasitas implementor, kondisi lingkungan dan Fakor-faktor Penghambat Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang, Teknik pengumpulan data meliputi : Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, Teknik analisis data: Miles & Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian, dan pembahasan dapat diketahui bahwa Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang baru sebagian yang dapat di katakana baik atau tepat. Mulai dari ketepatan instrumen dilihat dari obat-obat yang ada di puskesmas pembantu sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan pasien namun stock obat tertentu terkadang kosong fasilitas seperti ruang tunggu dan ruang inap tersedia, kapasitas implementor yaitu yang menjalankan kebijakan pelayanan di puskesmas pembantu sudah bisa dikatakan cukup dan sesuai dengan peraturan yang ada karena sudah terdapat tenaga kesehatan perawat, bidan dan bagian administrasi, kondisi lingkungan dapat dikatakan sudah cukup baik dan tidak mendapat kendala oleh jarak tempuh, biaya perjalanan atau pun masyarakat di daerah tersebut.
Selanjutnya yang menjadi faktor-faktor penghambat Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa datah Bilang adalah terkendala oleh keterlambatan pengiriman obat dari puskesmas induk, kendala lain yaitu tidak tersedia sarana mobil ambulan untuk merujuk pasien.
Keywords
Full Text:
docReferences
Subarsono,AG,2010.Analisis kebijkan publik, Yogyakarta : pustaka pelajar.
Nawawi,Ismail,2009.public policy, Surabaya : Putra Media Nusantara.
Agustino, leo, 2008. Dasar Dasar Kebijakan Publik, Bandung :Alfabeta.
Winarno, Budi. 2005. Teori & Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.
Winarno, Budi.2012. Kebijakan publik, Yogyakarta : CAPS.
Ratminto dan Septi Winarsih, Atik, 2005. Manajemen Pelayanan, Mismar, Jakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi, 2006. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2007.Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja RosdaKarya.
Kholid, A.2014.Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Peraturan Perundang - undangan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Refbacks
- There are currently no refbacks.