ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK KELURAHAN AIR PUTIH DALAM PROSES PEMBUATAN KARTU KELUARGA PADA SITUASI PANDEMI COVID-19

Susepti Eliyanti

Abstract


Efektivitas layanan publik merupakan keahlian organisasi untuk dapat melaksanakan kinerjanya dalam mencapai tujuan. Kartu keluarga merupakan salah satu bentuk administrasi kependudukan. Kartu keluarga adalah kartu identitas keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Dalam situasi pandemi Covid- 19 ini, proses pembuatan kartu keluarga menggunakan protokol kesehatan. Pandemi Covid- 19 merupakan peristiwa penyebaran penyakit virus corona yang disebabkan oleh hewan dan penyakit ini menular. Untuk mengatasi penularan tersebut diperlukan protokol kesehatan, protokol kesehatan yaitu aturan yang perlu diikuti oleh semua pihak agar dapat melakukan aktivitas dengan aman selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan publik dalam proses pembuatan kartu keluarga pada situasi pandemi covid-19. Hasil dari penelitian ini mennjukan keefektifan pelayanan pembuatan kartu keluarga di tengah situasi pandemi Covid-19 yang cukup efektif. Karena masyarakat dan pegawai sudah paham, sudah mencapai target, memuaskan dan tepat waktu memberikan pelayanan dengan menggunakan protokol kesehatan.


Keywords


Efektivitas Layanan, Kartu Keluarga, Pandemi Covid-19

Full Text:

doc

References


Sumber Buku :

Arikunto, 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta :PT. Rineka Cipta,2002) hlm 134

Cambel,J.1989Dalam Simamora 2011. “Riset Dalam Efektivitas Organisasi,Terjemahan

sahat simamora” (2011) Erlangga. Jakarta Cambel, J. 1989 Dalam Simamora 2011.

“Riset Dalam Efektivitas Organisasi,Terjemahan sahat simamora” hal- 47 dan 48 (2011) Erlangga.Jakarta

Fisal, (1990) di kutip dalam Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta hal, 297

Fizin, M, 2012.”Efektifitas Perangkat Desa dalam menangani Bantuan Dana Desa”. Skripsi tidak diterbitkan : Fisipol universitas mulawarman samarinda

Mansyur, Sastrio. 2013 “Efektifitas Pelayanan Publik dalam Persepektif Konsep Administrasi Publik” vol 5 No 1 Hal. 969

Ridwan, H R. 2016. E-book Hukum Administrasi Negara. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit Alfabeta Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif.

Penerbit Alfabeta

Siagian, (2008). dikutip dalam Pahlevi, (2019). “Pengertian Efektivitas, Kriteria, Aspek, dan Contoh Efektivitas”

Salam, 2020. “E-book Sosial dan Budaya”

Jakarta Vol 7 No 6 hal 497

Sumber internet :

Asmana, 2018. Pengertian Data Sekunder Dan Data Primer, Serta Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan Antara Data Primer Dan Sekunder di https://legasstudies71.blogspot.com (diakses 22 November, 22.47 PM)

Kompas, 2020. “Pandemi Global Yang Dinyatakan WHO Pada Covic-19” Suara literasi, 3 maret 2020, hal 2 di

http://kompasiana.com(diakses 10

November)

Hardita, 2020. Pengertian Kartu Keluarga,Keluarga, Keluarga Berencana di http://www.diadona.co.id (diakses 12

november)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.