AKUNTABILITAS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN KONGBENG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Tonny Tonnyl

Abstract


Tonny, Akuntabilitas Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik Pada kantor Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur di dibawah bimbingan Ibu Salasiah, S. Sos, M. Si sebagai pembimbing I dan Ibu Jamiah, S. Sos, M. Si sebagai pembimbing II

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengruhi dalam pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Pegawai dalam memberikan pelayanan publik. Untuk mendapatkan data penulis melakukan penelitian tersebut.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja  pegawai yang baik maka

proses akuntabilitas yang baik dapat dilaksanakan. Kemudian Faktor yang terakhir adalah masa kerja pegawai. Terdapatnya beberapa pegawai dengan masa kerja yang relatif minim menjadikan penyebab kurangnya pemahaman tentang manfaat akuntabilitas untuk merubah pola kinerja agar menjadi lebih baik. Akan tetapi terdapatnya tenaga kerja dengan pengalaman masa kerja pegawai yang dianggap banyak diharapkan dapat membimbing para pegawai yang memiliki masa kerja yang masih relatif minim. Perlunya peningkatan pemahaman pentingnya akuntabilitas dalam suatu organisasi akan lebih baik bila dimulai sejak dini.

Selain itu dibutuhkan sosialisasi secara berkala terhadap pola kinerja yang berdasarkan asas akuntabilitas yang menjadikan pemahaman terhadap akuntabilitas dapat ditingkatkan seiring dengan berjalannya masa kerja pegawai.


Keywords


Akuntabilitas Kinerja, Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Abdullah, Faisal,2009. Jalan Terjal Good Governance :Prinsip, Konsep & Tantangan Dalam Negara Hukum. Pukab :Makassar.

Dwiyanto, A. Partini, Ratminto, B. Tamtian. W..Kusumasari, B. Nuh. M, (2002), “Reformasi Birokras publk di Indonesia” Pusat Studi kependudukan dan kebijakan UGM, Yogyakarta

Dwiyanto, Agus. 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta. Gajah Mada

Echlos, Jhon. M. dan Hassan Shadily.1986. Kamus Umum Bahasa Inggris- Indonesia. Jakarta: PT Gunung Agung.

Faisal, Sanapiah. 2009. Format-Format Penelitian Sosial.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Jabbar,josep. G. danO.P.Dwivedi. 2009. Publik service Accountability, A Comparative Perspective Connecticut: KumarianPress.Inc.

Kumorotomo,Wahyudi.2005.Akuntabilitas Birokrasi Publik :Sketsa pada masa transisi.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

LAN dan BPKP, Modul I. 2000.Akuntabilitas dan Good Governance.

MENPAN. Nomor 63 Tahun 2003, Prinsip-prinsip Pelayanan.

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. Remaja Rosdakarya.

Moekijat. 2005. Manajemen Personalia. Jakarta :Ghalia Indonesia.

Moenir, H. A. S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta :Bumi Aksara.

Naingggolan, H. 2007. Pembinaan Pegawai Negri Sipil. Jakarta : FEUI.

Pasolong, Harbani, 2007.Teori Administrasi Publik. Bandung :Alfa beta.

Raba, Manggaukang, 2006. Akuntabilitas Konsep dan Implementasi .Malang : UMM Press.

Ratminto ,WinarsihSepti Atik,2005. Manajemen Pelayanan :Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: pustaka pelajar

SANKRI,2004. Landasan dan pedoman Pokok Penyelenggaraan dan Pengembangan Sistem Administrasi Negara.. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara .

Sudarto, Aman. 2009. Analisis Kinerja. Surabaya :Diklat Prop. Dati I Jatim.

Suryono, Agus. 2001. “Budaya Birokrasi Pelayanan Publik”. Jurnal Administrasi Negara. Vol. 1 No. 2. Malang. Jurusan Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya.

Sinambela, Poltak Lijan dkk. 2010.Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Syafie, Kencana Inu. 2001. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Reflika Aditama.

Sampara, Lukman, Sutopo. 2003. Pelayanan Prima Lembaga Administrasi Negara RI. jakarta.

Sampara, Lukman, Sugianto. 2001. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima.LAN RI. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.