PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KUTAI BARAT

Maria Natalia Windi Lestari

Abstract


Maria Natalia Windi Lestari, skripsi dengan judul Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat.  Analisa data yang digunakan koefisien korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS R 2.0 for windows.

Populasi penelitian ini adalah pegawai berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 50 (lima puluh) orang pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat. penarikan sampel sebesar 51% dari populasi yang ada sebanyak 30 orang pegawai berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), teknik penarikan sampling menggunakan teknik random sampling.

Berdasarkan perhitungan korelasi product moment diperoleh    rhit = 0,402, hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 30 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,361. atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,402 > rtab = 0,361. hal ini bermakna bahwa terdapat ada hubungan yang positif antara variabel pengawasan dengan variabel efektivitas kerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat.

Berdasarkan interpretasi data terhadap koefisien korelasi Product Moment berada pada interval 0,40 – 0,599, yang berarti terdapat hubungan yang ukuran sedang antara variabel pengawasan dengan variabel efektivitas kerja pegawai Dinas Perhubungan Kutai Barat.

Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji-t adalah sebesar 3,623.  Ini berarti dapat pula dikatakan bahwa thit = 4,623, hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 3,623 > ttab = 1,701 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 28 (30 – 2 = 28).  Ini berarti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara variabel pengawasan dengan variabel efektivitas kerja pegawai. 

Berdasarkan analisis koefisien diterminasi pada kolom R bernilai 0,405, yang artinya variabel  pengawasan memiliki hubungan sebesar 0.405 dengan  efektivitas kerja. Berdasarkan tabel  di atas juga dapat dilihat bahwa nilai Adjusted R square (R2) adalah 0,405 yang berarti bahwa adanya pengaruh sebesar 40,5% yang terjadi terhadap tinggi atau rendahnya efektivitas kerja yang disebabkan oleh variabel pengawasan di mana sisanya adalah sebesar 59,5% variabel evektivitas kerja ditentukan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.


Keywords


supervition, efectivitaes

Full Text:

Doc

References


Danim, Sudarwan., 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Eka Cipta. 2018. Penelitian Skripsi: Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Anggaran Pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur. Fisipol Untag Samarinda.

Fathoni Abdurrahmat, 2006, Organisasi dan Manajemen, cetakan pertama, Rineka Cipta, Jakarta.

Gibson, James L, John M.I, James H. Donnely. 2006. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Handayaningrat, Suwarno., 2002. Sistem Birokrasi Pemerintah. Pustaka Utama, Jakarta.

Handoko,T.Hani, (2016),Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Penerbit. BPFE

Handoko, T, Hani. 2016. Manajemen. BPFEE, Yogyakarta.

M. Situmorang Viktor dan Juhir, ( 1997 ), Aspek Hukum Pengawasan Melekat Dalam Lingkungan Aparatur Pemerintah, Jakarta: Penerbit PT.Renika Cipta.

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Manullang, M. 2005, Dasar – Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Muhammad, Thoha. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Prayudi Admosudirdjo, 1987, Researcht Suatu Pengantar Ilmiah, CV. Tarsito, Bandung.

Richard M. Steer, 2005. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Sarwoto, Broto. 2002. Pengantar Manajemen Untuk Mahasiswa. CV. Reneka Cipta. Bandung.

Sedarmayanti, 2005, Pengantar Administrasi dan Manajemen Untuk Sekolah Ilmu Admnistrasi. Alfabeta. Bandung. Jawa Barat

Sekretaris Kabupaten (Sekab). 2018. Laporan Pemantapan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara Menuju Birokrasi yang Profesional, Efektif, Efesien dan Akuntabel. Laporan Tidak Diterbitkan. Pemkab Kabupaten Kutai Kartanegara. Tenggarong.

Thoha, Mifah 2017. Dinamika Ilmu Administrasi Publik. Penerbit Kencana. Jakarta.

Singarimbun dan Effendi, ( 1995 ), Metode Penelitian Survey, Jakarta: Penerbit PT.Pustaka LP3ES Indonesia

Siagan, Sondang P.2003. Filsafat Administrasi, Gunung Agung, Jakarta

Sugiartik. 2014. Peranan Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT. Saicle Jasa Consultant Samarinda. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Sujatko, 1993, Beberapa Pengertian di Bidang Pengawasan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Supriyono, 2005. Sistem Pengendalian Manajemen. BPFE-Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.