PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. PELINDO IV (PERSERO) CABANG SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

Nurul Chabibi

Abstract


Nurul Chabibi, skripsi dengan judul Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pelindo IV (Persero) Samarinda Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh  disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Pelindo IV (Persero) Cabang Samarinda Kalimantan Timur. Analisa data yang digunakan menggunakan instrumen analisis koefisien korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS R 17,0 for windows.

            Populasi penelitian ini sebanyak 83 orang pegawai tetap (organik). Populasi  cukup besar, terbatas waktu, dana, tenaga penulis mengambil sampel sebanyak 51% dari populasi sebanyak 83 orang pegawai tetap yaitu sebanyak 42 orang responden. Teknik penarikan sampling menggunakan porposive rendom sampling.

            Berdasarkan hasil analisa data dapat dilihat bahwa nilai signifikansi hubungan disiplin  (X) dengan kinerja (Y) adalah 0,000. Karena nilai signifikansinya kurang dari 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin (X) dengan kinerja (Y). Besar hubungan antara disiplin kerja (X) dengan kinerja (Y) adalah 0,465 (46,5%), dengan arah hubungan positif. Artinya semakin tinggi nilai disiplin pegawai maka akan semakin tinggi nilai kinerja pegawai yang dapat diraih, begitu juga sebaliknya.

            Berdasarkan interpretasi data dapat dapat diketahui bahwa tingkat pengaruh   variable disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, berada pada kategori hubungan  sedang. Dari hasil rxy sebesar 0,465, maka menurut interpretasi diatas jelas menunjukkan adanya korelasi yang diantara 0,40 – 0,599, maknanya adalah bahwa hubungan antara disiplin terhadap kinerja berada pada level  katagori korelasi ukuran sedang, artinya faktor disiplin kerja berpengaruh sedang terhadap kinerja pegawai  PT.  Pelindo IV Cabang Samarinda Kalimantan Timur.

            Berdasarkan hasil koefisien diterminasi pada kolom R bernilai 0,465, yang artinya variabel disiplin kerja memiliki hubungan sebesar 0.465 dengan kinerja. bahwa nilai Adjusted R square (R2) adalah 0,405 yang berarti bahwa adanya pengaruh sebesar 40,5% yang terjadi terhadap tinggi atau rendahnya kinerja yang disebabkan oleh variabel disiplin kerja pegawai di mana sisanya adalah 59,5% adalah dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dapat diukur dalam penelitian ini.


Keywords


dicipline, ferpormance

Full Text:

Doc

References


Anwar Prabu, Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dessler, Gary, 2010. Manajement Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Indeks

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”:Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Jurnal Penelitian: Universitas Diponegoro. Semarang.

Harlie, M. 2010. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 11 Nomor 2 Oktober 2010. h. 117-124.

Handoko, T. Hani, 2016, Manajemen, edisi kedua, BPFE, Yokyakarta.

Handoko, T. Hani, 2008, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, edisi kedua, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

H. Nainggolan, 1994, Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Cetakan ke tujuh. Jakarta.

Hasibuan Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi revisi, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Setyaningdyah. 2013. Analisis pengaruh komitmen afektif, kontinyu dan normatif terhadap kinerja dengan disiplin kerja sebagai variabel

intervening. Jurnal kajian bisnis vol. 22, no. 1, 2014, 21 – 37.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

CV. Alfabeta.

Soejono, 2007. Disiplin Kerja Karyawan, Penertbit Offside. Jakarta

Syafrina, Nova. 2017. Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. Suka fajar pekanbaru. Jurnal Penelitian : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi riau. Ekonomi dan Bisnis (Riau Economics and Business Reviewe) P.ISSN: 1410-7988 E.ISSN: 2614-123X Volume 8, Nomor 4, Desember 2017.

Thoha, Muhammad. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Thoha, Miftah. 2017. Dinamika Ilmu Administrasi Publik. Edisi Pertama. Penerbit: Kencana.Jakart


Refbacks

  • There are currently no refbacks.