Pengaruh Pengawasan Terhadap Penggunaan Anggaran Pada Kantor Camat Bengalon Kabupaten Kutai Timur

Jumiati Ningsih

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitianinibertujuanini untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan pengawasan terhadap penggunaan anggaran pada Kantor Camat Bengalon Kabupaten Kutai Timur.Metodepenelitian yang digunakanyaitupendekatan kuantitatifkemudianpopulasidalam penelitian ini adalahpopulasirelatifkecilyakni 34 orang (responden) yang terdiripegawaipemerintahkecamatan. Pengumpulan data dilakukan melalui koesioner dan observasi.Hasil penelitianmenunjukkanbahwaada pengaruh positif dan signifikan pengawasan terhadap penggunaan anggaran pada Kantor Camat Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Pengaruh ini ditemukan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yang berhasil menyajikan data hasil uji T, uji F dan uji determinan koefisien. Pengawasan (variabel X) berpengaruh positif karena nilai koefisien regresinya yang menghasilkan angka positif sebesar 0,775. Pengaruh simultan diketahui berdasarkan hasil uji F dengan nilai F-7,598> nilai Ttabel 2,042 dengan nilai signifikansi (sig) 0,000. Nilai ini berhasil membatah H0 yang mengatakan tidak ada pengaruh signifikan. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dilakukan dengan uji T, sebagai hasilnya nilai Thitung sebesar 57,728>nilai Ftabel4,15.Pengawasanpenggunaananggaranperluditingkatkan, agar realisasipenggunaananggarantepatsasaran.


Keywords


Pengawasan, Penggunaan Anggaran, Kecamatan.

Full Text:

doc

References


Akdere, M., & Azevedo, R. E. (2005). Writing in the Workplace: Implications for Human Resource Development. Online Submission.

Anthony, Robert N, Govindarajan, Vijay, (2002). Management Control System. Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, S. (2010). Anggaran Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Basariyah, S. (2017). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (Bpmpd) Daerah Propinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 5(6).

Ghozali, Imam. (2009). Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayaningrat, S. (2009). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumberdaya. BPFE. Yogyakarta.

Handoko, T. H. (2009). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kadarisman, M. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali.

Karubaba, H. M. (2012). Pengawasan Anggaran (Budgetary Control) Sebagai Strategi Pencegahan Distorsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Studi Kasus Di Kabupaten Nabire. Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada.

Makmur. (2011). Efektifitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan, Bandung, PT. Rafika Aditama Hlm.176.

Makmur. (2011). Efektivitas kebijakan kelembagaan pengawasan. Refika Aditama.

Nafarin, M. (2012). Penganggaran Rencana Kerja Perusahaan. Edisi Kesatu. Jakarta: Salemba Empat.

Nooraini, Yulistina. (2004). Motivasi Sebagai Variabel Moderating Terhadap Pengaruh Antara Partisipasi Penyusunan Anggaran dan Kinerja Manajerial Hotel Berbintang Di Eks Karesidenan Surakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi UNS.

Nordiawan, H. (2012). Teknik Penyusunan Anggaran Sektor Publik.

Nurmayani. Hukum Administrasi Daerah ( Buku Ajaran) . Universitas Lampung: Bandar Lampung. 2009, hlm. 82.

Pasaribu, S. E. (2017). Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kebersihan, Pertamanan Dan Pencegahan Kebakaran Kota Padangsidimpuan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2017 Tentang Kode Dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan

Peraturan Pemerintah No 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Rahman, N., Rahim, S., & Elfiansyah, H. (2018). Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Pt Pln (Persero) Wilayah Sulselbar. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 4(3), 323-337.

Robbins, S. P. dan Mary Coulter. (2005). Manajemen. Jakarta: Gramedia.

Sasongko & Parulian. (2015). Anggaran. Jakarta:Salemba Empat.

Schermerhorn. (2002). Management, ed New york:: John Wiley & Sons inc.

Shende, S., & Bennet, T. (2004). Concept Paper 2: Transparency and Accountability in Public Financial Administration. UN DESA.

Siagian, Sondang. P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Silalahi, U. (2002). Studi Tentang Ilmu Administrasi: Konsep. Teori dan Dimensi, Bandung.

Siregar, Sifoan. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, dilengkapi dengan perbandingan Perhitungan Manusal dan SPSS. Jakarta: Prenadamedia group.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-20 . Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widjaja Gunawan. (2002). Pengelolaan Harta Kekayaan Negara. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirjono, E. R., & Raharjono, A. B. (2007). Pengaruh Karakteristik Personalitas Manajer terhadap Hubungan antara Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran dengan Kinerja Manajerial. Jurnal Kinerja. Volume 11, No. 1.

Yandra, R., & Sutrisna, E. (2013). Penyusunan APBD Berbasis Kinerja. Jurnal Kebijakan Publik, 4(2), 179-186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.