ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN HARAPAN BARU KECAMATAN LOA JANAN ILIR

sospol1 sospol

Abstract


VINKA  INDAH  PRATIWI,  2016,  Fakultas  Ilmu  Sosial  dan  Ilmu  Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Analisis Kinerja Pelayanan Publik di Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir, Dibawah bimbingan Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si selaku pembimbing I dan Salasiah, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kinerja pelayanan pegawai di kantor Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian  dalam penelitian ini  adalah  kinerja  pelayanan  pegawai  yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu dan efektivitas serta faktor penghambat dan faktor  pendukung.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  penelitian  Purposive Sampling yaitu bertanaya kepada informan yang dianggap paling tahu. Teknik pengumpulan   data   dilakukan   dengan   Library   Research   yaitu   data   yang dikumpulkan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (Field Work Research) melalui wawancara dengan informan, observasi langsung dilapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pegawai di kantor Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir dipengaruhi faktor kemampuan. Karena pegawai dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya sesuai dengan tanggung jawabnya dan menghasilkan pekerjaan belum optimal meskipun dalam hal kedisiplinan masih saja ada pegawai yang membuang waktu untuk keluar kantor pada saat jam kerja, diharapkan perlu adanya pengawasan ketat, teguran,  serta  evaluasi  yang  lebih  instansif  untuk  pegawai  yang  melanggar peraturan pekerjaan.


Keywords


AnalisisKinerja PelayananPublik

Full Text:

doc

References


Armstrong dan Baron dalam Fahmi, 2013. Manajemen Kinerja, Jakarta. Bernardin dan Russel, 2005. Pinter Manajer, Aneka Pandangan Kontemporer.

Ahli Bahasa Agus Maulana. Penerbit Binarupa Aksara. Jakarta.

Davis, 2011Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta.

Dessler, Gary, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Terjemahan Paramita

Rahayu Jakarta : Indeks

Faustino Cardoso Gomes, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi

Offset, Yogyakarta.

Harbani, 2010. Di peroleh tanggal 23 November 2019 dari google https://digilib.unila.ac.id/317/II/BABII.pdf

Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gaya Media.

Luthans Fred, 2005. Organizational Brharior 10th Edition. Ahli Bahasa Vivin

Andhika, dkk. Yogyakarta: Andi.

Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mahsun, Mohammad, 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE: Yogyakarta.

Ma’rifah, Dewi, 2005. Pengaruh Kinerja dan Budaya Organisasi Terhadap

Kinerja Pekerja, Jakarta.

Mangkunegara, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Munandar, 2008. Pisikologi industry organisasi. Jakarta: UI (UI-Press).

Mathis, P, L dan J.H Jackson, 2006. Human Resorce Management: Manajemen

Sumber Daya Manusia, Terjemahan Dian Angela. Jakarta.

Pasolong, Harbani, 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV. Alfabeta

Robbins, 2005. Pengaruh Motivasi Kerja dan Organisasi, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 2006. Perilaku Organisasi, PT.Indeks, Kelompok

Gramedia, Jakarta.

Sedarmayanti, 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar

Maju, Bandung.

Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik . Jakarta; Bumi Aksara.

Veitzhal Rivai 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Raja Grofindo Persada, Jakarta

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-undang Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Kelurahan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.