ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN HARAPAN BARU KECAMATAN LOA JANAN ILIR
Abstract
VINKA INDAH PRATIWI, 2016, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Analisis Kinerja Pelayanan Publik di Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir, Dibawah bimbingan Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si selaku pembimbing I dan Salasiah, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kinerja pelayanan pegawai di kantor Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah kinerja pelayanan pegawai yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu dan efektivitas serta faktor penghambat dan faktor pendukung. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Purposive Sampling yaitu bertanaya kepada informan yang dianggap paling tahu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Library Research yaitu data yang dikumpulkan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (Field Work Research) melalui wawancara dengan informan, observasi langsung dilapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pegawai di kantor Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir dipengaruhi faktor kemampuan. Karena pegawai dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya sesuai dengan tanggung jawabnya dan menghasilkan pekerjaan belum optimal meskipun dalam hal kedisiplinan masih saja ada pegawai yang membuang waktu untuk keluar kantor pada saat jam kerja, diharapkan perlu adanya pengawasan ketat, teguran, serta evaluasi yang lebih instansif untuk pegawai yang melanggar peraturan pekerjaan.
Keywords
Full Text:
docReferences
Armstrong dan Baron dalam Fahmi, 2013. Manajemen Kinerja, Jakarta. Bernardin dan Russel, 2005. Pinter Manajer, Aneka Pandangan Kontemporer.
Ahli Bahasa Agus Maulana. Penerbit Binarupa Aksara. Jakarta.
Davis, 2011Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta.
Dessler, Gary, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Terjemahan Paramita
Rahayu Jakarta : Indeks
Faustino Cardoso Gomes, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi
Offset, Yogyakarta.
Harbani, 2010. Di peroleh tanggal 23 November 2019 dari google https://digilib.unila.ac.id/317/II/BABII.pdf
Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gaya Media.
Luthans Fred, 2005. Organizational Brharior 10th Edition. Ahli Bahasa Vivin
Andhika, dkk. Yogyakarta: Andi.
Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mahsun, Mohammad, 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE: Yogyakarta.
Ma’rifah, Dewi, 2005. Pengaruh Kinerja dan Budaya Organisasi Terhadap
Kinerja Pekerja, Jakarta.
Mangkunegara, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Munandar, 2008. Pisikologi industry organisasi. Jakarta: UI (UI-Press).
Mathis, P, L dan J.H Jackson, 2006. Human Resorce Management: Manajemen
Sumber Daya Manusia, Terjemahan Dian Angela. Jakarta.
Pasolong, Harbani, 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV. Alfabeta
Robbins, 2005. Pengaruh Motivasi Kerja dan Organisasi, Jakarta.
Robbins, Stephen P, 2006. Perilaku Organisasi, PT.Indeks, Kelompok
Gramedia, Jakarta.
Sedarmayanti, 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar
Maju, Bandung.
Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik . Jakarta; Bumi Aksara.
Veitzhal Rivai 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Raja Grofindo Persada, Jakarta
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Kelurahan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.