ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN WARNET GAME IN DI SAMARINDA

Muhammad Insanul Kamil

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh variabel marketing mix terhadap kepuasan pelanggan pada warnet Game In di Samarinda. Dasar teori yang digunakan manajemen pemasaran  dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda.

Kesimpulan penelitian ini adalah Fungsi regresi hasil perhitungan Y   = 0,294 + 0,105 X1 + 0,109 X2 + 0,127 X3 + 0,078 X4 +  0,172 X 5 + 0,160  X 6 + 0,170 X 7 + e.  fungsi tersebut semua koefisien regresi bertanda positif artinya jika terjadi perbaikan kualitas variabel marketing mix yaitu produk, harga, tempat,  promosi, karyawan, proses dan wujud fisik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan pada warnet Game In di Samarinda, demikian pula sebaliknya.

Nilai F 43,356 lebih besar F tabel 2,37 dan signifikansinya 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari  produk, harga, tempat, karyawan, proses dan wujud fisik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warnet Game In di Samarinda. Dengan demikian hipotesis pertama  yang menyatakan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari  produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses   dan wujud fisik  secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan pelanggan pada warnet Game In di Samarinda diterima.

Secara parsial Variabel bebas produk harga, tempat,   karyawan, proses dan wujud fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warnet Game In di Samarinda karena t hitungnya lebih besar dari t tabel dan signifikansinya hitungnya α lebih kecil dari 0,05, dengan demikian hipotesis diterima.

Secara parsial Variabel bebas promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada warnet Game In di Samarinda karena t hitungnya lebih kecil dari t tabel dan signifikansinya hitungnya α lebih besar dari 0,05,   dengan demikian hipotesis ditolak.


Keywords


Bauran Pemasaran - Kepuasan Pel anggan

Full Text:

PDF DOC

References


Alma, Buchari, 2002, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Cetakan ke lima, Alfabeta, Bandung

Asri, Marwan, Marketing, 2001, Unit Penerbit Dan Percetakan AMP YKPN, Cetakan ketiga, Yogyakarta

Caspeerez, Vincent 2002, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Cetakan I, Jakarta

Husain umar, 2000, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka, Jakarta,

Swastha, Basu dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke dua belas, Liberty Offset, Yogyakarta,

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I,II Edisi kesebelas, Indeks, Jakarta.

Rihard L Oliver. 2001, Satisfaction, A Behavioral Perspective on The Consumer” International Edition. Mg. Grawa – Hill Book Co.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v1i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.