PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA PADA PT. INSANI BARAPERKASA SAMARINDA

Fitri Yanti

Abstract


Tujuan penelitian ini mengatahui pengaruh motivasi dan disiplin terhadap produktivitas kerja di PT. insani Baraperkasa Samarinda. Dalam bentuk kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Insani Baraperkasa samarinda, sedangkan sampel penelitian adalah 55 karyawan. Metode analisis yang digunakan Regresi Linier Berganda Alat untuk mengetahui pengaruh variabel independent (motivasi X1 dan displin X2) terhadap variabel dependent (produktivitas kerja Y ), uji F dan uji t.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa variabel motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. insani Barapekasa Samarinda. Analisis menggunakan uji F dan uji t dengan membandingkan nilai F hitung sebesar 25.269 dengan nilai dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < alpha 0,5 %). Maka hipotesis dinyatakan diterima, nilai Dalam perhitungan ini diperoleh nilai motivasi (varabel X1) dengan taraf signifikan hasil sebesar 0,000 dan nilai t tabel 1,673  dan disiplin  (variabel X2dengan taraf signifikan sebesar 0,003 < alpha 0, % maka hipotesis diterima.

Kesimpulan, variabel motivasi dan disiplin berpengaruhsignifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Insani Baraperkasa Samarinda dari dua Variabel. Motivasi adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Insani Baraperkasa.

Kata kunci: Motivasi (X1), Disiplin (X2),  dan Produktivitas Kerja (Y)


Full Text:

PDF DOC

References


Akdon & Riduan, 2007, Data Dalam Analisis Statistika.Alfabeta, Bandung.

Ahmad Tohardi, 2002, Pemahan Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung

Aritonang, Keke.T. 2005. Motivasi, Disiplin Kerja Dan Produktivitas kerja, Jakarta

Burhan Bungin, 2001, Metodologi Penelitian. Airlangga Press, Surabaya




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v1i1.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.