PROFITABILITAS PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA Tbk

Andreas Veky -

Abstract


PT.Cahroen Pokphand Indonesia Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agrobisnis.Perusahaan ini merupakan salahsatu penghasil pakan ternak terbesar di Indonesia.Berdasarkan perolehan laba dari tahun 2009 sampai 2012 mengalami fluktuasi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah profitabilitas PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk. tahun 2009-2012 mengalami Fluktuasi dan apa penyebabnya?

Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis laporan keuangan yang difokuskan pada profitabilitas,selanjutnya hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut apabila profitabilitas mengalami fluktuasi karena meningkatnya penjualan hipotesis diterima sebaliknya profitabilitas mengalami kenaikan dan penurunan hipotesis ditolak.

Dasar analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah profit margin, Return on Assets(ROA),Return On Equity(ROE),Basic Earning Power  dianalisis berdasarkan laporan keuangan PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Tahun 2009-2012.

Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk. mengalami Fluktuasi dengan demikian hipotesis 1 diterima tetapi penyebabnya karena meningkatnya beban Pokok penjualan maka hipotesis 2 ditolak.

 


Keywords


analisis profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Harahap, sofian syafri.2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Satu, PT Raja Grafindo Persada,Jakarta.

James c.van home dan John M achowicz.JR. 2005. Financial Management. Salemba Empat,

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Sugiono, Arief. 2009. Manajemen Keuangan Untuk Praktisi Keuangan, PT Grasindo : Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i1.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.