ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KARTU PRA BAYAR IM3 (INDOSAT MULTI MEDIA MOBILE)” (STUDI KASUS PADA SISWA SMK NEGERI 5 SAMARINDA)

Diah Destiana -

Abstract


Dari tabel Model Summary diatas, ditemukan koefisiensi determinasi atau R2  sebesar 0,337 atau 33,7%. Hal ini berarti bahwra proporsi variabel bebas mampu menjelaskan variasi variabel terlihat sebesar 33,7%. Sementara 66,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel dalam model.

Dari tabel ANOVA, bahwa berdasarkan uji F. Nilai signifikansi 0.000 dengan nilai α sebesar 0,05. Dengan demikian menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen signifikan. Artinya, penelitian sampel ini dapat diberlakukan pada populasi.

Variabel promosi (X4) signifikan, dilihat dari koefisiensi yakni sebesar 0,358 dengan nilai signifikansinya 0,000 < α sebesar 0,05. Dimana variabel promosi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap loyalitas konsumen untuk menggunkan kartu prabayar IM3. Karena sebagai salah satu kartu yang cukup banyak diminati oleh kalangan muda-mudi serta dengan dukungan promosi yang dilakukan oleh tim marketing yang maksimal melalui media koran, televise, radio, pamphlet, Leaflet diberbagai outlet dan spanduk, karena koefisiennya paling besar maka variabel promosi adalah yang paling dominan dari 3 variabel lainnya

Full Text:

PDF

References


Dwyer, F.Robert and Tanner Jhon F. 2006. Business Marketing. Connecting strategy, Relationship, and Learning. Thrid Edition. McGraw-Hill.

Kotler, and Amstrong, Gary. 2008. Principle Of Marketing Eleven Edition. Prentice Hall.

Kotler, and Keller. 2006. Marketing Management. An Asian Perspective Forth Edition. Pearson Prentice Hall.

Sunyoto Danang. 2011. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi. PT. Buku Seru. Jakarta.

Sunyoto Danang. 2011. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi. PT. Buku Seru. Jakarta.

Swasta Basu, 1999. Manajemen Pemasaran Moderen. Liberty. Yogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v4i1.1055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.