PENGENDALIAN ANGGARAN PROYEK DREDGING PADA PT. BUMINATA AJI PERKASA SAMARINDA

Rika Rahim Agustina

Abstract


RIKA RAHIM AGUSTINA, 2014, Fakultas Ekonomi Universitas
17 Agustus 1945 Samarinda, Pengendalian Realisasi dan Anggaran Proyek Dredging Pada
PT. Buminata Aji Perkasa dibawah bimbingan Bapak Robin Jonathan sebagai pembimbing 1 dan Ibu Elfreda Alponia Lau sebagai pembimbing 2.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengendalian anggaran proyek dredging pada PT. Buminata Aji Perkasa Samarinda.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah anggaran proyek dredging pada PT. Buminata Aji Perkasa telah direalisasi secara efektif?

M. Nafarin (2007:11) mendefinisiskan “.Anggaran (Budget) Merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kreatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam suatu barang/jasa”

Hipotesis pada penelitian ini adalah Anggaran pada Proyek Dredging oleh PT. Buminata Aji Perkasa belum direalisasikan secara efektif.

Pengukuran efektivitas anggaran mencakup realisasi anggaran setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh proyek dreging. Efektifitas anggaran proyek yaitu sebesar 92,75% dimana masuk pada rasio efektifitas 85% s/d 100% sehingga dapat dikatakan penggunaan anggarannya efektif dan kinerja kegiatan yang baik.

Penyerarapan anggaran sudah efektif dilakukan karena dapat dikatakan anggaran tahun 2013 telah dimanfaatkan secara keseluruhan untuk membiayai pekerjaan pelaksanaan penyelesaian proyek sehingga penyerapan anggaran yang besar juga mengindikasikan bahwa tidak adanya dana yang tidak terpakai atau termanfaatkan sehingga diharapkan akan memberikan manfaat bagi kinerja Proyek Dredging

Pada analisis peneliti menemukan angka efektifitas diatas 100% . Hal ini disebabkan karena lokasi proyek yang terletak di laut lepas sehingga perusahaan membayar lebih dari anggaran. Beberapa faktor ini ternyata sangat mempengaruhi dampak daripada kondisi ini diantaranya rusaknya kendaraan dan alat operasional yang diterjang oleh badai dan gelombang laut.

Melihat dari penelitian yang dilakukan secara keseluruhan penggunaan anggaran rencana pelaksanaan tahun 2013 pada Proyek Dredging telah disusun dan dilakukan secara efektif yang diperlihatkan dengan realisasi anggaran yang mencapai 92,75% tahun 2013 dan pencapaian sasaran (target) dari program dan kegiatan yang dilaksanakan secara keseluruhan di atas 85 %. Dengan demikian maka hipotesis ditolak.

Keywords


Pengendalian Anggaran

References


Baridwan, Zaki, 2004, Intermadiate Accounting, BPFE, Yogyakarta

S. Munawir, 2004. Analisa Laporan Keuangan, Cetakan Ketiga, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Halim, Abdul dan Bambang Supomo, 2001, Akuntansi Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan Kesepuluh, BPFE, Yogyakarta.

Halim, Abdul dan Iqbal Muhammad, 2012, Pengelolaan Keuangan Daerah, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Jusup, Al Haryono, 2003. Akuntasi Dasar-Dasar. STIE YKPN, Yogyakarta.

Nafarin M, 2007. Penganggaran Perusahaan, Edisi 3, Selemba Empat Jakarta.

Rudianto, 2009, Penganggaran, Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i1.1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.