ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA TOKO ELEKTRONIK REJEKI MORO DI KECAMATAN MUARA JAWA

Muhammad Fauzi -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kebutuhan modal kerja pada tahun 2014,  yang di   butuhkan   oleh  Toko Elektronik Rejeki Moro   guna   menjamin   kuntinuitas operasional dan untuk membandingkan antara kebutuhan modal kerja tahun sebelumnya berdasarkan hitungan analisis dengan modal usaha sesuai data yang ada di Toko Elektronik Rejeki Moro.

Manajemen keuangan merupakan salah satu fungsi perusahaan selain  manajemen personalia, manajemen produksi dan manajemen pemasaran. Definisi manajemen keuangan adalah Aktivitas–aktivitas yang bersangkutan dengan usaha baik untuk mendapatkan dana dan munggunakan atau mengalokasikan dana yang diperoleh perusahaan disebut pembelanjaan dalam arti yang luas (Business Finance) atau Manajemen Keuangan (Financial Manajement). "Modal Kerja (Working Capital) adalah investasi perusahaan dalam aktiva jangka pendek berupa kas, sekuritas yang mudah dipasarkan, persediaan dan piutang usaha.”

Metode yang digunakan dalam penelitian ini, modal kerja yang dibahas adalah modal kerja kotor atau disebut juga dengan istilah Gross Working Capital, yaitu keseluruhan komponen aktiva lancar pada neraca yang meliputi ; kas, piutang dagang, persediaan barang dan depresiasi. Alat analisis yang  digunakan dalam perhitungan modal kerja yang dibutuhkan maupun perputaran penjualan memakai metode saldo rata-rata dan untuk mengetahui kebutuhan modal kerja pada tahun 2014 dilakukan dengan peramalan memakai metode least square.

Toko Elektronik Rejeki Moro di Kecamatan Muara Jawa adalah toko yang menjual berbagai macam jenis barang Elektronik seperti TV, Kulkas, Sound Sistem, Mesin Cuci dan lain sebagainya dan toko ini didirikan pada tahun 2005.

Analisis Kebutuhan Modal Kerja seperti yang dikemukakan adalah pada besarnya kebutuhan modal kerja yang disediakan toko agar dapat menjamin kegiatan operasional usahanya.

Kesimpulan   dari   penelitian   terdapat   kekurangan    modal   kerja   sebesar  Rp. 43.052.484,00 yang artinya perlu tambahan modal kerja sebagai sarana pendukung atas rencana manajemen toko dalam meningkatkan penjualan tahun 2014.

Dari hasil penelitian dan kesimpulan dalam Analisis Kebutuhan Modal Kerja Pada Toko Elektronik Rejeki Moro, jelaslah terlihat dimana terdapat kekurangan modal kerja yang dibutuhkan dalam memenuhi operasional usahanya, maka hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini dapat diterima.


Keywords


Kebutuhan Modal Kerja

References


Munawir. S, 2013, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga belas Liberty, Jakarta.

Riyanto Bambang. 2010, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga belas, BPFE, Yogyakarta.

Sunyoto Danang. 2013, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, cetakan ke-1. Jakarta:CAPS




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i1.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.