Pengaruh Motivasi, dan Pendidikan terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Dondang di Kecamatan Muara Jawa

M. Pahmi -

Abstract


Rumusan Masalah : 1). Apakah Motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai Kantor Kelurahan Dondang Kecamatan Muara Jawa. 2). Apakah Pendidikan ( X2 ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai Kantor Kelurahan Dondang Kecamatan Muara Jawa. 3). Apakah Motivasi ( X1 ) dan pendidikan (X2) secara bersama - sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai Kantor Kelurahan Dondang di Kecamatan Muara Jawa.4). Apakah Motivasi ( X1 ) berpengaruh paling Dominan terhadap Kinerja pegawai Kantor Kelurahan Dondang di Kecamatan Muara Jawa.

Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan metode sistematika Random sampling dengan jumlah sampel 23 0rang pegawai, Peralatan analisis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel motivasi, dan pendidikan terhadap Kinerja pegawai Kantor Kelurahan Dondang di Kecamatan Muara Jawa.Hasil analisis diperoleh persamaan regresinya sebagai berikut :

Y = 6,124 + 0,976 X1 + 0,722 X2

             Makna dari persamaan diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Konstanta 6,124 jika tidak ada motivasi kerja, dan pendidikan, maka Kinerja Pegawai (Y), sebesar + 6,124
  2. Koefisien regresi motivasi kerja adalah sebesar + 0,976 dapat dijelaskan bahwa variabel motivasi kerja memiliki pengaruh sebesar 0,976 dengan kata lain apabila motivasi kerja meningkat, maka akan meningkatkan Kinerja dengan asumsi skor, variabel bebas lain tetap.
  3. Koefisien regresi pendidikan adalah sebesar +0,722, dapat dijelaskan bahwa variabel pendidikan mempunyai pengaruh positif sebesar 0,722 terhadap Kinerja Pegawai. Apabila pegawai semakin berpendidikan maka akan meningkatkan Kinerja. Dengan asumsi nilai dari variabel-variabel bebas yang lain memiliki nilai tetap.

Berdasarkan tabel variabel motivasi kerja ( X1) mempunyait hitung = 4,543 > t tabel = 2,079, sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan variabel motivasi kerja (X1) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan nilai signifikan hasil perhitungan yaitu= 0,001 < 0,05.

Dari tabel di peroleh bahwa F hitung =9.003 > F tabel =3,433 sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel motivasi kerja (X1),dan pendidikan (X2)  secara simultan/bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan signifikansi hasil perhitungan yaitu sig= 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan Motivasi dan Pendidikan secara bersama –sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Dondang Kecamatan Muara Jawa terbukti dan diterima.


Keywords


Motivasi,Pendidikan dan Kinerja Pegawai

References


Alderfer dalam Suharsimi, 2000, The Relationship Between Satisfaction, Attitude and Performance, an Organizational. Level Analysis, Journal of Applied Psyology, December

Gomes Faustino Cardoso, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Offset, Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. 2005. Manajemen. BPFE.Yogyakarta.

Idris, Sudarman, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima,Grasindo, Jakarta.

Koesmono, T., 2005. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. 7. No. 2. : 171-188

Rangkuti, Freddy 2007, Riset Pemasaran, Cetakan Keenam, Gramedia, Jakarta.

Robbins, Stephen P., 2007. Organizational Behavior. Tenth Edition. Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Siagian, P. Sondang. 2002. Analisis serta Perumusan Kebijakansanaan dan Strategi Organisasi. Gunung Agung, Jakarta.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i1.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.